oleh

Pemohon SKCK Di Polres Pekalongan Meningkat

-Giat Ops-41 views

Polres Pekalongan – Jumlah permohonan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di instansi Polres Pekalongan meningkat signifikan selama sepekan terakhir seiring dengan pengumuman hasil seleksi CPNS.

“Polres Pekalongan, sejauh ini telah menerima sebanyak 50 permohonan SKCK. Jumlah itu tergolong banyak selama beberapa hari teakhir, dibandingkan dengan hari-hari biasanya yang hanya 20 pemohon setiap harinya” ujar Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kasubbag Humas Iptu Akrom, Senin (7/1/2019)

Pengajuan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian ( SKCK) di Kepolisian membeludak lantaran digunakan sebagai salah satu syarat pemberkasan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS).

Lebih lanjut Kasubbag Humas Iptu Akrom menyampaikan bahwa Polri memastikan dana pembutan SKCK tersebut akan disetorkan ke kas negara sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas penerimaan negara bukan pajak yang berlaku di Polri. Sesuai PP tersebut, tarif membuat SKCK adalah Rp 30.000.

”Itu resmi ke pemerintah dan tidak masuk ke polisi tetapi disetorkan Polri langsung ke kas negara dalam hal ini Kemenkeu (Kementerian Keuangan), ucapnya

Kasubbag Humas mengatakan, pembuatan SKCK bisa dilakukan di tempat Polsek, Polres, hingga Polda. Iptu Akrom menambahkan, semua yang akan membuat SKCK akan dilayani dan diutamakan di kantor polisi yang sesuai dengan KTP atau sesuai domisili karena nanti akan dicek rekam jejak masyarakat tersebut. “Diutamakan KTP domisili, karena nanti akan dicek rekam jejak masyarakat tersebut,” kata Iptu Akrom. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed