oleh

Pembinaan Kepala Desa Se – Kecamatan Paninggaran Oleh Forkopimda Kabupaten Pekalongan

Polres Pekalongan – Forum komunikasi pimpinan daerah/ Forkopimda Kab. Pekalongan, pada hari Senin (4/1/2021) tiba di kantor Camat Paninggaran pukul 10.30 wib, hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Asip Kholbihi, S.H., M. Si., Dandim 0710 Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan, S.I.P dan Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K. Rombongan disambut langsung oleh unsur Forkopimcam Paninggaran, Dra. Siti Arofah selaku Camat, Danramil Paninggaran Letda Suparman dan Kapolsek Paninggaran AKP Nurcholis. Turut hadir Pj. Sekda Kab. Pekalongan Ir. Bambang Iriyanto didampingi Kepala BPBD Kab. Pekalongan Budi Raharjo.

Kapolsek AKP Nurcholis bersama personil Polsek dan personil Koramil Paninggaran terlihat memimpin langsung pengamanan kegiatan tersebut di lokasi kegiatan. Adapun dalam kunjungan kerja Forkopimda adalah untuk memberikan pembinaan kepada seluruh jajaran Kepala Desa Se – Kec. Paninggaran menyikapi dampak serta potensi terjadinya bencana alam dimusim penghujan saat ini yang tergolong dalam intensitas tinggi khususnya di wilayah kecamatan paninggaran. Hal tersebut berkaitan dengan karakteristik geografis wilayah dimana banyak pemukiman penduduk serta akses jalan sarana transportasi yang letaknya dikelilingi perbukitan dengan kontur tanah berbentuk tebing.

Oleh karena itu, dalam sambutannya dihadapan para Kades, Bupati Asip Kholbihi bersama unsur Forkopimda menekankan pentingnya pemahaman warga terkait dinamika situasi wilayah dimusim penghujan, termasuk sikap tanggap bencana baik upaya pencegahan, upaya penanggulangan dan upaya penanganan terhadap bencana alam apabila sampai terjadi. Maka disampaikan kepada para Kades bersama unsur terkait wajib mensosialisasikan serta menginformasikan termasuk upaya nyata penanggulangan bencana alam dimasing – masing desanya.

Sikap tanggap bencana sendiri menurut bupati diantaranya, dapat memetakan kerawanan wilayah yang berpotensi terjadinya bencana alam seperti tanah longsor, termasuk upaya nyata bantuan kepada masyarakat terdampak dengan alokasi anggaran yang ada. Selain itu bupati memerintahkan kepada jajarannya yaitu BPBD Kab. Pekalongan sebagai salah satu unsur pengampu kepentingan, dan hal tersebut telah dilakukan oleh pihak BPBD dengan sigap kemudian merespon dengan memberikan bantuan kepada warga terdampak bencana tanah lonsor seperti yang terjadi di Dusun Sikembang Desa Lumeneng Kec. Paninggaran beberapa hari yang lalu.

Selain itu Dandim bersama Kapolres menyampaikan komitmen jajarannya akan ikut berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam khususnya di wilayah kecamatan paninggaran, dengan pola komunikasi dan aksi nyata bersama – sama seluruh pihak aparatur desa se – kecamatan paninggaran.

Camat Dra. Siti Arofah dengan didampingi Kapolsek dan Danramil Paninggaran menjelaskan bahwa dari beberapa peristiwa bencana alam tanah longsor yang telah terjadi di wilayahnya sampai dengan saat ini tidak berdampak kepada korban jiwa masyarakat, dampak nyata adalah pada kerugian materi berupa fasilitas talud sekolah, dinding rumah warga yang jebol, dan akses jalan yang terganggu, namun secara umum dapat ditanggulangi dan direspon dengan baik oleh seluruh pihak pengampu kepentingan termasuk jajaran aparatur desa setempat.

Selanjutnya Forkopimcam Paninggaran mengucapkan apresiasi dan terimakasih atas peran serta warga masyarakat sangatlah penting selama ini dalam berbagai upaya secara bersama – sama dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan bencana alam di wilayah kecamatan paninggaran.

Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif demi tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit s)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed