Beranda SATFUNG Sat Sabhara Pelatihan Pawang Satwa Guna Mengenal Karakter Anjing K9 Polri

Pelatihan Pawang Satwa Guna Mengenal Karakter Anjing K9 Polri

55
BERBAGI

Polres Pekalongan – Tak terbantahkan, anjing adalah sahabat terbaik manusia. Sejak dahulu anjing membantu manusia berbagai hal, mulai dari menggembala kambing, berburu, membawa beban, untuk pengamanan, pencarian dan penyelamatan, penuntun jalan, terapi psikologis, sampai dengan pertandingan untuk karya guna. Anjing-anjing tersebut tentunya tidak terlepas dari pelatihan khusus yang intensif. Pada hari ini Selasa (10/10/2017)  telah dilaksanakan kegiatan latihan bersama pawang satwa ex Polwil Pekalongan di Polres Tegal Kota.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Waka Polresta Tegal Kompol Tri Supriyadi, Kasat Sabhara Polresta Tegal AKP Prastowo, Pawang Satwa ex Polwil Pekalongan dan Pawang Satwa Polres Kendal.

Ditempat terpisah Kasat Sabhara Polres Pekalongan AKP Prisandi Tiar S.Kom menerangkan Kegiatan ini bertujuan agar pawang polres mampu menguasai dan mengenal karakter anjing K9 Polri. Tugasnya anjing K9 ini dibedakan melalui beberapa bagian, diantaranya; bagian pencarian dan penyelamatan (SAR), yang digunakan untuk menemukan orang-orang yang dinyatakan hilang atau hilang dalam bencana alam atau dalam kecelakaan, untuk peran ini biasanya digunakan anjing labrador dan golden retriever. Lalu bagian umum, seperti anjing pelacak yang sering digunakan untuk beberapa anjing terlatih dalam pencarian tersangka, penangkapan, pengejaran, pencarian barang bukti, dan pencarian mayat, biasanya anjing yang digunakan rottweiler, german shepherd, belgian malinois, dan labrador. Kasat Sabhara menambahkan selain untuk pelatihan rutin kegiatan ini juga untuk mendukung tugas Sat Sabhara dalam menyongsong tugas pengamanan pemilukada 2018.(diajeng)

Editor : Humas Polres Pekalongan

BERBAGI