oleh

Patroli Wilayah Rutin, Kanit Binmas Dapati Kendaraan Warga Terjebak Di Jalan Berlumpur

Polres Pekalongan – Bentuk representasi tugas kedinasan adalah salah satunya patroli rutin kewilayahan, upaya tersebut merupakan komitmen polri dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya yaitu pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Patroli kewilayahan merupakan cara efektif guna memberikan rasa aman dan nyaman dalam aktifitas kemasyarakatan, dalam kegiatan patroli petugas polri memungkinkan untuk secara langsung berjumpa dengan masyarakat maupun aktifitas yang sedang dikerjakannya, selain itu dapat dilaksanakan upaya patroli dialogis dengan warga/ bertatap muka guna memberikan himbauan, pembinaan serta pencegahan terkait harkamtibmas. Bahkan petugas polri akan lebih peka terhadap perkembangan/ dinmika kemasyarakatan, dapat juga dijadikan ruang guna mendengar secara langsung keluh kesah warga terkait kamtibmas maupun kebijakan sehingga petugas mendapatkan bahan keterangan secara dini, bahkan nantinya bisa mengakomodir perihal yang disampaikan masyarakat.

Seperti halnya pada wilayah kecamatan Paninggaran, dengan demografi wilayah yang bervariatif, bahkan secara geografis didominasi wilayah perbukitan dan hutan negara. Potensi tersebut menjadi pekerjaan rumah yang harus diampu oleh satuan kerja Polsek Paninggaran, yang secara rutin dan berkelanjutan telah melaksanakan kegiatan patroli wilayah pedesaan.

Hari Selasa, 20 Oktober 2020 pukul 10.00 wib, dipimpin Kanit Binmas Bripka Carno bersama Kanit Intelkan Bripka Dedi, personil bhabinkamtibmas Brigpol Andika, S.H dan Brigpol Pungkas, selanjutnya melaksanakan patroli rutin kewilayahan dengan rute patroli ; Dari Mapolsek Paninggaran – Pasar Paninggaran – Desa Lumeneng – Desa Krandegan – Desa Winduaji – Desa Werdi – kembali ke Mapolsek, dengan menggunakan KBM 4 Backbone.

Pada saat petugas melintas di Desa Werdi tepatnya di jalan Dusun Sawit, didapati ada mobil pick up bermuatan kayu dalam kondisi berhenti di badan jalan, dikarenakan terjebak di jalan berlumpur, melihat peristiwa tersebut, dengan sigap Kanit Binmas dan anggota segera menghampiri mobil tersebut untuk kemudian bersama – sama untuk ikut membantu menarik mobil agar segera dapat dievakuasi dan dipindahkan ke lokasi lain, sehingga tidak menggangu pengguna jalan yang lain. Jalan tersebut merupakan jalan berstatus jalan kabupaten, adalah satu – satunya akses yang menghubungkan Desa Winduaji dengan Desa Werdi termasuk akses menuju kecamatan Kandangserang, Kab. Pekalongan.

Jalan lumpur tersebut adalah lajur jalan alternatif yang disediakan dan dibuat oleh pelaksana proyek, dimana berdekatan dengan lokasi masih berlangsung proyek pengerjaan perbaikan jembatan, sehingga lajur utama/ jalan dan jembatan tidak bisa dilewati untuk sementara waktu sampai dengan proyek pembuatan jembatan selesai.

Kapolsek Paninggaran menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan patroli wilayah adalah untuk menciptakan kamtibmas kondusif dan berdaya guna.

Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif demi tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit. S)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed