oleh

Patroli Objek Wisata Puncak Anjir, Kanit Sabhara Berikan Edukasi Protokol Kesehatan Cegah COVID-19

Polres Pekalongan – Salah satu tugas pokok dan fungsi Unit Sabhara pada satuan kerja pelaksana tugas pokok kewilayahan yaitu Kepolisian Sektor/ Polsek adalah melaksanakan patroli dialogis dengan sasaran orang, tempat serta kegiatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan dengan menggunakan sarana Kendaraan bermotor/ Kbm roda 4 Backbone dengan disertai kelengkapan baik kelengkapan kendaraan dan kelengkapan personil. Adapun kelengkapan kendaraan seperti lampu rotator/ warning light, radio komunikasi, sedangkan kelengkapan personil meliputi tongkat T, borgol , lampu kedip serta trafic con. Seluruh perencanaan serta perlengkapan tersebut termasuk rute patroli adalah bentuk implementasi dari kesiapsiagaan Polri dalam mengemban tugas pemeliharaan kamtibmas masyarakat.

Polsek Paninggaran, Polres Pekalongan selama ini berkomitmen memberikan rasa aman dan nyaman di tengah – tengah masyarakat, sekaligus memberikan sosialisasi serta pesan – pesan Kamtibmas dalam rangka pendisiplinan adaptasi kebiasaan baru mematuhi protokol kesehatan guna cegah penyebaran COVID-19. Pada hari Sabtu (26/09/2020) mulai pukul 09.00 wib s/d pukul 11.30 wib, personil Polsek Paninggaran Bripka Sigit Suharyadi selaku Kanit Sabhara bersama personil Bhabin Kamtibmas Brigpol Pungkas melaksanakan patroli dialogis dengan sasaran orang dan tempat di lokasi objek wisata Puncak Anjir masuk wilayah Desa Kaliboja Kec. Paninggaran Kab. Pekalongan.

Puncak Anjir dapat dideskripsikan sebagai wahana wisata alam berupa bukit dengan pemandangan indah pada ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut, dengan hawa sejuk pegunungan, tempat tersebut sering dikunjungi dan dijadikan tempat untuk berkemah/ bermalam dengan menggunakan tenda. Terdapat pos pantau sebelum menaiki bukit tersebut, yang selama ini dikelola serta dijalankan oleh masyarakat setempat. Pada saat personil patroli sampai di lokasi, kemudian didapati beberapa pengunjung sedang bersantai di sekitar lokasi pos pantau, selanjutnya petugas memberikan himbauan serta pesan kamtibmas kepada petugas pengelola dan para pengunjung agar tetap dan wajib mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemi covid saat ini seperti wajib mengguanakan masker, jaga jarak antar individu, penyediaan alat pengukur suhu tubuh dan penyediaan tempat cuci tangan. Termasuk disampaikan pula kepada pengelola dan pengunjung agar selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Kapolsek Paninggaran Iptu Nurcholis menjelaskan, maksud dan tujuan kegiatan patroli tersebut adalah sebagai bentuk upaya preemtif dan preventif terhadap segala bentuk atau potensi gangguan kamtibmas khususnya di wilayah hukum Polsek Paninggaran, sekaligus sebagai kegiatan penyadaran terhadap masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif demi tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit. S)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed