oleh

Patroli Malam Hari Polsek Paninggaran, Upaya Nyata Cegah Gangguan Kamtibmas

Polres Pekalongan – Cipta situasi keamanan ketertiban masyarakat adalah salah satu tugas pokok polri yang diamanahkan pada UU RI No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan disisi lain ada upaya represif/ penegakan hukum terhadap segala bentuk perbuatan ataupun aktifitas melawan hukum yang bertentangan dengan undang – undang yang berlaku dalam ruang lingkup aturan pidana. Azas legalitas hukum “nullum delictum, nulla poena sine praevia lege poenali” akan selalu menjadi pedoman dalam menjalankan tugas pokok serta fungsi penegakan hukum.

Pada Sabtu (2/1/2021) personil polsek paninggaran dengan dipimpin Kapolsek AKP Nurcholis bersama anggota Kanit Binmas Bripka Carno, Kanit Sabhara Bripka Sigit S., dan Kanit Intelkam Bripka Dedi AK., melaksanakan kegiatan patroli wilayah pada malam hari dengan rute jalan raya Pekalongan – Kab. Banjarnegara, termasuk pemukiman penduduk, pertokoan, pasar, perbankan, fasilitas umum dan kantor pemerintahan.

Selama kegiatan patroli berlangsung, petugas akan menyambangi warga masyarakat yang kedapatan masih beraktifitas dimalam hari, selanjutnya dilakukan kegiatan binharkamtibmas dialogis dan upaya edukasi serta imbauan kepada warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Kapolsek menyampaikan kepada warga masyarakat untuk ikut berperan serta ikut menjaga lingkungan bertempat tinggal dengan cara warga tetap melaksanakan poskamling, dengan harapan warga masyarakat dapat menjadi polisi untuk dirinya sendiri, peka terhadap lingkungan, aktifitas orang asing yang mencurigakan yang dimungkinkan mengarah kepada tindakan dan perbuatan melawan hukum, seperti perbuatan pencurian, kenakalan remaja, bahkan penyalahgunaan narkoba.

“Kesadaran warga tersebut diharapkan dapat ikut menciptakan kamtibmas yang kondusif, khususnya di wilayah Kec. Paninggaran Kab. Pekalongan,” ujar Kapolsek AKP Nurcholis.

Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif demi tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit s)

Editor : Humas Polres Peklaongan

Komentar

News Feed