oleh

Patroli Jaga Wana, Sekaligus Edukasi Cegah COVID-19 Kepada Warga Sekitar Hutan

Polres Pekalongan – Pelestarian lingkungan hidup terutama sumber daya alam hutan adalah salah satu upaya terpenting dalam upaya menjaga keseimbangan alam beserta ekosistemnya, telah menjadi perhatian pemerintah dan elemen masyarakat pemerhati kelestarian hutan selama ini.

Sudah menjadi pembahasan secara global bahwa, hutan adalah faktor terpenting untuk mencegah terjadinya global warming atau pemanasan global, yang akan berdampak kepada situasi iklim yang tidak menentu sebagaimana kita rasakan saat ini, oleh karena itu baik secara individu ataupun kelompok masyarakat, wajib hukumnya ikut menjaga kelestarian sumber daya alam hutan bersama-sama dari pihak terkait yaitu Kementerian kehutanan dan pemerintah.

Pada masa pandemi covid 19 ini masih menjadi keprihatinan kita bersama, karena belum ada tanda-tanda tren penurunan terhadap warga masyarakat yang positif terdampak wabah ini, di sisi lain BMKG atau badan meteorologi klimatologi geofisika telah merilis dan mengeluarkan pernyataan bahwa, pada bulan akhir Agustus sampai kemudian bulan September 2020 khususnya untuk di wilayah pulau Jawa, akan terjadi musim kemarau, potensi tersebut harus disikapi dengan serius bahwa letak geografis pulau Jawa masih banyak terdapat kawasan hutan lindung maupun hutan produksi, yang dikelola oleh Kementerian kehutanan, salah satu potensi kerawanan sumber daya alam hutan pada saat musim kemarau adalah terjadinya kebakaran hutan dan terjadinya tindak kejahatan pembalakan liar.  Perbuatan tersebut dipandang sebagai perbuatan melawan hukum yang sangat berdampak kepada tatanan sosial kemasyarakatan oleh karena merusak ekosistem hutan yang selama ini diketahui dan dirasakan bersama. Ekosistem hutan telah ikut berperan serta untuk mencegah bencana pada saat musim penghujan seperti bencana tanah longsor, bencana banjir, dan sebagainya. Pada musim kemarau seperti ini dapat kita rasakan sekali fungsi ekosistem sumber daya hutan diantaranya, terkait cadangan sumber daya air bersih.

Menyikapi berbagai fenomena sosial di atas, Polri sebagai salah satu lembaga negara yaitu hadirnya negara di tengah-tengah masyarakat terus berupaya melaksanakan kegiatan yang bersifat rutin dan berkelanjutan terkait pelestarian sumber daya alam hutan, seperti halnya yang dilakukan oleh pelaksana tugas pokok kewilayahan Polsek Paninggaran, pada hari Kamis tanggal 17 September 2020 pukul 10. 00 WIB Kanit Binmas Polsek Paninggaran Bripka Carno beserta anggota dan Kanit Intelkam Bripka Dedi melaksanakan kegiatan patroli jagawana atau patroli hutan, dengan didampingi oleh mandor hutan KPH Pekalongan timur wilayah Paninggaran saudara Cipto di area hutan ikut desa Lambanggelun, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan cara melakukan patroli secara gabungan dengan sasaran tempat dan orang, adapun selama kegiatan patroli berlangsung tidak ditemukan baik perbuatan pencurian atau pengrusakan ekosistem hutan serta tidak ditemukan kebakaran hutan. Maksud dan tujuan kegiatan tersebut yang dilakukan secara rutin serta berkelanjutan adalah agar sumber daya hutan dan ekosistemnya tetap terjaga dengan baik yang dapat memberi kemanfaatan bagi warga masyarakat sekitar hutan khususnya dan warga Kecamatan Paninggaran pada umumnya. Selain itu pada kesempatan patroli jaga wana juga disampaikan himbauan serta edukasi terhadap masyarakat sekitar hutan untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan guna adaptasi kebiasaan baru cegah penyebaran COVID-19, seperti pola hidup sehat dan bersih, penggunaan masker dan jaga jarak antar individu. (Humas SekPng_sigit. S)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed