oleh

Patroli Cyber Jelang Pilpres Dan Pileg Tahun 2019

-Sat Reskrim-168 views

Polres Pekalongan – Kejahatan di dunia maya atau cyber crime semakin meningkat dari tahun ke tahun. Bentuk Kejahatan di dunia cyber sangatlah banyak, yakni segala kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media komputer atau internet. Sebut saja perjudian yang dilakukan lewat internet (cyber gambling), terorisme, penipuan kartu kredit (cyber fraud), pornografi (cyber sex), penyelundupan (cyber smuggling), narkotika (cyber narcotism), penyerangan terhadap infrastruktur penting, pemerasan (cyber blackmail), pengancaman (cyber threatening), pencemaran nama baik melalui internet (cyber aspersion), phising, dan lain-lain.

Anggota Sat Reskrim Polres Pekalongan akan mengantisipasi kejahatan yang berkembang di media sosial (medsos) seperti hoax, SARA dan provokasi jelang pemilihan Pilpres dan Pileg tahun 2019.

Pengawasan pun digencarkan serta menghimbau ke masyarakat agar bijak di media sosial.

Kasat Reskrim AKP Hery Hariyanto, S.S.T.Pel., M.H menegaskan kepada anggota Sat Reskrim, selain menangani kasus kejahatan juga melakukan patroli cyber atau pengawasan di medsos.

Jika dalam masa kampanye ditemukan adanya postingan berita berbau SARA, maka pihak kepolisian langsung bertindak dengan mencari akun tersebut untuk diproses. (caz)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed