oleh

Pastikan Penyaluran Program BST Lancar, Kapolsek dan Danramil Pimpin Langsung Pengamanan

Polres Pekalongan – Menghadapi situasi sosial kemasyarakatan disaat pandemi COVID-19 ini, Pemerintah Pusat telah mengeluarkan beberapa program stimulus salah satunya berupa BST/ Bantuan Sosial Tunai yang diberikan secara langsung kepada individu masyarakat dengan kalsifikasi serta kriteria yang telah ditentukan melalui penilaian parameter dan indikator oleh kementrian terkait, dengan harapan tepat sasaran kepada masyarakat yang berhak. Selain itu sisi lain, pemerintah berharap dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat oleh karena terdampak pandemi COVID-19. Program BST tersebut mencakup seluruh wilayah Indonesia, dan pelaksanaannya penyaluran kemudian direpresentasikan oleh pemerintah daerah sampai tingkat desa.

Adanya program tersebut juga mengandung maksud dan tujuan agar ketahanan ekonomi nasional tetap pada tren positif dalam keadaan ekonomi global yang mengalami kelesuan, sebagai salah satu indikator adalah geliat ekonomi mikro dan daya beli masyarakat tetap terjaga sehingga pemenuhan kebutuhan hidup dapat berlangsung atau berkelanjutan bagi kalangan ekonomi bawah selaku pihak yang berhak menerima bantuan.

Selanjutnya pelibatan pihak TNI/ Polri dalam program tersebut adalah merupakan bentuk keseriusan pemerintah, dengan harapan setiap tahapan penyaluran dapat dikawal sehingga berjalan aman dan lancar sampai kepada yang berhak, termasuk fungsi penegakan hukum yang diemban Polri guna menindak segala bentuk perbuatan ataupun usaha melawan hukum terkait program BST baik pusat sampai ke daerah yang mungkin dilakukan oleh oknum pihak penyelenggaran serta pengambil kebijakan terkait.

Salah satu bentuk implementasi kegiatan personil TNI/ Polri dalam program BST, seperti halnya yang dilakukan serta dilaksanakan oleh personil Polsek Paninggaran, Polres Pekalongan bersama personil Koramil Paninggaran, Kodim 0710 Kodim Pekalongan, pada hari Rabu tanggal 23 September 2020 telah melaksanakan kegiatan pengamanan penyaluran BST tahap 6 Kecamatan Paninggaran, Kab. Pekalongan, berupa uang tunai sebesar Rp.300.000,00 per KK, yang kemudian diterimakan kepada 955 KK yang berhak dengan tata cara, prasyarat dan ketentuan yang ada.

Dalam kesempatan tersebut hadir Kapolsek Paninggaran Iptu Nurcholis beserta 4 anggota, Danramil Paninggaran beserta 3 anggota, menyatakan maksud dan tujuan kegiatan pengamanan tersebut adalah untuk memastikan situasi penyaluran bantuan berjalan aman dan lancar, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan guna cegah COVID-19, seperti penggunaan masker dan jaga jarak antar individu.

Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif demi tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit. S)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed