oleh

Pak Bhabin Brigadir Teguh Sosialisasikan Bahaya Narkotika dan Obat – Obatan Terlarang Kepada Pemuda Karangtaruna Desa Kandangserang

Polres Pekalongan – Brigadir Teguh Widodo sosialisasikan bahaya narkotika dan obat – obatan terlarang kepada pemuda karangtaruna Desa Kandangserang. Minggu (08/11/2020).

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. Hal tersebut diatur dalam undang – undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Petang tadi, Brigadir Teguh Widodo atau yang biasa dikenal Pak Bhabin Brigadir Teguh Widodo melaksanakan sambang serta memberikan sosialisasi tentang bahaya narkotika kepada pemuda karangtaruna di balai desa Desa Kandangserang, Kecamatan Kandangserang.

Disana, Brigadir Teguh memberikan beberapa jenis narkotika, yaitu tanaman papaver, opium mentah, opium masak (candu, jicing, jicingko), opium obat, morfina, kokaina, ekgonina, tanaman ganja, dan damar ganja, garam-garam dan turunan-turunan dari morfina dan kokaina, serta campuran-campuran dan sediaan-sediaan yang mengandung bahan yang disebutkan di atas. Selain itu, yang termasuk obat – obatan berbahaya yaitu sedatin (Pil BK), rohypnol, magadon, valium, mandarax, amfetamine, fensiklidin, metakualon, metifenidat, fenobarbital, Flunitrazepam, ekstasi, shabu-shabu, LSD (Lycergic Alis Diethylamide), dan sebagainya.

Selain memberikan jenis – jenis dari narkotika, Brigadir Teguh juga memberikan sosialisasi tentang peraturan undang – undang yang mengatur tentang Narkotika. Yaitu undang – undang Nomor 35 Tahun 2009 dimana yang melanggar undang – undang tersebut mendapatkan sanksi pidana penjara yaitu paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun dan denda pidana sebanyak paling sedikit Rp. 800juta dan paling banyak Rp. 8miliar.

Sosialisasi tersebut dihadiri juga oleh Kepala Desa Kandangserang Bapak Sucipto serta ketua Karangtaruna Desa Kandangserang Purnomo.

“Dengan diberinya sosialisasi ini, kami berharap agar masyarakat Desa Kandangserang khususnya pemuda pemudi Desa Kandangserang dapat terhindar dari bahaya narkoba. Kepada para pemuda pemudi Desa Kandangserang dapat mengisi waktu luang mereka untuk memajukan keamanan dan ketertiban di Desa Kandangserang serta ikut serta dalam pemeliharaan kamtibmas,” tutur Brigadir Teguh.  (HKL~~42)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed