oleh

Operasi Zebra Digelar, Masyarakat Diminta Siapkan Perlengkapan Berkendara

Polres Pekalongan – Kepolisian Resor (Polres) Pekalongan kembali menggelar Operasi kewilayahan dalam bentuk Kamseltibcar lantas dengan sandi Operasi Zebra Candi-2020. Operasi tersebut akan digelar selama 14 (empat belas) hari, mulai tanggal 26 Oktober sampai 8 November 2020.
 
Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K melalui Kasat Lantas AKP Pipit Witianingsih, S.I.K., M.M, Selasa (27/10/2020) mengatakan, konsep Operasi Zebra Candi adalah operasi terbuka dalam bentuk Harkamtibmas dengan mengedepankan fungsi lalulintas didukung fungsi operasional kepolisian lain.
 
AKP Pipit mengungkapkan bahwa pihaknya akan berfokus pada pelanggaran yang kerap dilakukan masyarakat diantaranya yaitu tidak menggunakan helm, pengemudi di bawah umur, dan melawan arus. Tetapi, pelanggaran yang lain apa bila kita temukan ya kita lakukan penindakan. Tapi fokus kita pada pelanggaran tiga itu,” tegasnya.
 
Meski demikian, AKP Pipit menuturkan dalam operasi ini, pihaknya lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif ketimbang tilang.
 
“40 persen preemtif atau sifatnya edukasi, sosialisasi, 40 persen preventif atau pencegahan yang dilaksanakan dengan turjawali, yaitu pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli, dan 20 persen penindakan dengan tilang dan sebagainya,” ucap dia.
 
AKP Pipit juga menerangkan tujuan operasi ini adalah terciptanya situasi lalu lintas yang aman, lancar dan tertib pada lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran dan rawan macet ditengah ancaman mewabahnya pandemi COVID-19 di wilayah Kabupaten Pekalongan
 
“Selain itu juga untuk meningkatkan tertib dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta mematuhi protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan COVID-19 di jalan,” ujarnya.
 
Kasat Lantas mengimbau kepada masyarakat apabila menggunakan kendaraan agar mempersiapkan kelengkapan kendaraan dan kelengkapan administrasi perorangan.
 
“Seperti SIM, STNK serta administrasi kendaraan lain, mengingat operasi ini mengedepankan tindakan penegakkan hukum disamping giat preemtif dan preventif,” imbaunya. (Yuli-Er$hi)
 
Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed