oleh

Musrenbangdes Diikuti Personil Bhabinkamtibmas Polsek Paninggaran

Polres Pekalongan – Mendasari pada Undang-Undang RI Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Musrenbangdes adalah salah satu cara atau metode yang digunakan untuk menyusun perencanaan yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Desa di seluruh wilayah Republik Indonesia. Aspek perencanaan dan evaluasi dipandang penting, oleh karena merupakan sebagai salah satu faktor penentu berjalannya pembangunan dan pemerintahan di tingkat desa.

Musrenbangdes dipandang sangat perlu oleh karena merupakan sebuah ruang atau wahana bermusyawarah, untuk membahas acuan kebutuhan anggaran untuk tahun berikutnya, termasuk yang bersifat skala prioritas yang dibutuhkan oleh warga masyarakat guna pembangunan desa kedepan, termasuk pembentukan delegasi yang nantinya mengikuti musrenbangcam pada tingkat kecamatan, dan dapat menyampaikan kebutuhan anggaran pembangunan infrastruktur dengan jumlah yang besar pada setiap desa.

Seperti halnya kegiatan Musrenbangdes di Desa Krandegan dan Desa Werdi Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 23 September 2020 di masing-masing kantor desa setempat. Dalam musrenbangdes tersebut telah dibahas penyusunan RKP/ rencana kerja pemerintah desa tahun 2021 dan penyusunan DU – RKP/ daftar usulan rencana kerja pemerintah desa Tahun 2022. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut telah dihadiri personil bhabin kamtibmas Polsek Paninggaran yaitu, Brigadir Polisi Andika Mahendra, S.H dan Brigadir Mungkas, serta dihadiri pula oleh Kepala Desa setempat beserta unsur pemerintahan desa termasuk ketua BPD masing-masing, Kepala UPT Dinas Pertanian dan Kepala Puskesmas Paninggaran.

Melalui Kapolsek Paninggaran Iptu Nurcholis berharap kegiatan musrenbangdes dapat berjalan lancar serta dapat mengakomodir seluruh keperluan dan aspirasi warga masyarakat, demi kepentingan pembangunan desa kedepan yang dapat membawa kemanfaatan untuk masyarakat desa setempat.

Tidak lupa pula disampaikan sosialisasi pendisiplinan adaptasi kebiasaan baru guna mencegah penyebaran COVID-19 oleh personil bhabinkamtibmas, termasuk mematuhi protokol kesehatan dalam setiap agenda kegiatan di tingkat desa seperti, penggunaan masker, penyedian tempat cuci tangan dan jaga jarak antar individu.

Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif demi tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit. S)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed