oleh

Mensosialisasikan Maklukat Kapolri, Kapolsek Karangdadap Tunda Ijin Keramaian

Polres Pekalongan – Kapolri Jendral Idham Aziz langsung mengeluarkan Maklumat Kapolri bernomor Mak/2/III/2020 pada 19 Maret 2020 yang menginstruksikan untuk mengerahkan pasukannya guna menindaklanjuti arahan presiden Jokowi tersebut.

Dalam maklumatnya, Jendral Idham meminta agar masyarakat tidak mengadakan kegiatan sosial yang melibatkan banyak orang atau massa dalam jumlah besar. Baik di tempat umum mau pun lingkungan sendiri. Kegiatan yang dimaksud dapat berupa pertemuan sosial, budaya dan keagamaan seperti seminar, lokakarya, sarasehan, konser musik pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran dan resepsionis keluarga, olahraga, kesenian dan jasa hiburan.

Menindak lanjuti Maklumat Kapolri, Kapolsek Karangdadap Iptu Bambang Sutrisno, S.H mengundang unsur Pimpinan tingkat Kecamatan, para tokoh agama, tokoh pemuda serta para kepala desa sekecamatan karangdadap untuk mensosialisasikan maklumat yang dikeluarkan oleh Kapolri serta menunda segala kegiatan masyarakat, terkait pengendalian penyebaran virus corona, hal ini seperti yang sudah di laksanakan Kapolres Pekalongan, AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K., M.Si bersama Muspida Kabupaten Pekalongan, Selasa (24/03/2020).

“Kami berharap masyarakat di wilayah Karangdadap menaati kebijakan pemerintah serta mau menjalankanya nya, ini semua demi kepentingan dan kesehatan kita bersama agat penyebaran virus corona bisa dikendalikam sehingga kita tidak terjangkit virus yang mematikan tersebut,” sambut Kapolsek

Sementara Itu, Iptu Bambang juga menegaskan selama tanggap darurat penanganan virus corona berjalan pihaknya tidak akan menerbitkan surat ijin keramaian dalam bentuk apapun serta akan menidak tegas kepada yang melanggarnya.

“Kami akan proses hukum dengan Pasal 212 KUHP, barang siapa yang tidak mengindahkan petugas yang berwenang yang melaksanakan tugas bisa untuk kepentingan bangsa dan negara, dipidana. Kami tambahkan pasal 216 dan 218,” ujarnya.

Drg. Asmuni sebagai Kepala Puskesmas Karangdadap juga menyarankan agar masyarakat membatasi aktifitas diluar rumah dan sebaiknya menunda segala aktivitas berpergian dan tetap tinggal di rumah.

“Bila sangat penting silahkan melakukan aktivitas di luar rumah tp jangan lupa, saat sebelum masuk ke rumah, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan bersihkan diri (mandi bila perlu), ini bisa mematikan virus/kuman dari tubuh kita dan itu juga wujud kita sayang kepada keluarga di rumah,” sarannya. (andi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed