oleh

Masih Nekat Menggunakan Ponsel Saat Berkendara, Siap-Siap Saja Kena Tilang Dari Polantas

Polres Pekalongan – Demi menjaga ketertiban berlalu lintas, jajaran Kepolisian saat ini sedang melaksanakan Operasi yang bertajuk Operasi Keselamatan 2018 di seluruh wilayah Indonesia. Operasi ini berlangsung selama 21 hari dimulai dari tanggal 5 sampai 25 Maret 2018.

Kegiatan Operasi tersebut dilaksanakan sesuai dengan perintah yang disampaikan oleh Kepala Korp lalu lintas Kepolisian Republik Indonesia. Adapun Operasi Kepolisian ini juga melibatkan POM TNI, Pemerintah Daerah dan pihak-pihak yang terkait dengan kendaraan bermotor seperti Dinas Perhubungan.

Oleh karenanya saat ini Sat Lantas Polres Pekalongan sedang gencar-gencarnya akan menindak pengendara yang menggunakan ponsel genggam saat berkendara. Hal itu disampaikan langsung oleh Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kasat Lantas AKP Bobby Anugrah Rachman, S.I.K bahwa memainkan ponsel saat berkendara sudah melanggar aturan.

Selain itu, penggunaan ponsel saat berkendara bisa berpotensi mengganggu konsentrasi, hal itu juga bisa berbahaya bagi si pengendara ataupun pengguna jalan lain.

Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Bobby Anugrah Rachman, S.I.K menegaskan akan memberikan sanksi tegas dengan berupa tilang jika polisi menemukan ada pengendara yang ketahuan memainkan ponselnya saat berkendara.

“Itu sudah tertuang dalam UU Nomor 22 tahun 2009 pasal 106 Ayat 1 Junto Pasal 283 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp. 750.000”, kata AKP Bobby

Lebih lanjut AKP Bobby menambahkan, bahwa tindakan tilang ini juga juga berlaku bagi pengendara yang melihat GPS di Ponsel saat menjalankan kendaraannya, tak terkecuali dengan driver ojek online.

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed