oleh

Longsor, Jalan Utama Lebakbarang Tertutup Material

Polres Pekalongan – Hujan deras yang sempat mengguyur daerah atas wilayah Kabupaten Pekalongan akhir-akhir ini, membuat jalan utama di Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan atau tepatnya di Dusun Sidokidul Desa Sidomulyo tertimbun material longsor.

Kasubag Humas Polres Pekalongan AKP M Dahyah mengatakan, kejadian longsor di Kecamatan Lebakbarang terjadi pada Minggu (24/9) petang. Akibat hal tersebut, warga kesulitan menjalankan aktivitas sehari-hari karena jalan tertutup material.

“Jalan utama tertutup material longsor sepanjang sekitar 20 meter dan kedalaman setengah meter. Longsoran ini, berasal dari sawah milik salah seorang warga setempat Kusdianto (50),” terang dia.

Untuk mengatasi ini, pihaknya bersama pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan, melakukan pembersihan jalan. “Semula warga melakukan gotong royong agar bisa dilalui pejalan kaki. Tapi kini sudah dilakukan pembersihan jalan dengan menggunakan alat berat,” katanya.

Agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan. “Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun warga harus tetap meningkatkan kewaspadaan memasuki musim penghujan sekarang ini,” imbaunya.

Terpisah Kepala BPBD Kabupaten Pekalongan Bambang Sujatmiko mengatakan, memasuki musim hujan seperti saat ini wilayah Kota Santri bagian atas rawan terjadi longsor. Beberapa daerah yang rawan longsor tersebut diantaranya di Kecamatan Kajen, Petungkriyono, Paninggaran, Kandangserang dan Talun.

“Sementara itu, untuk wilayah dataran rendah yang rawan terjadi banjir terdapat di Kecamatan Tirto, Wiradesa dan Siwalan,” ungkapnya. (Y.Er$hi-SM)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed