oleh

LARUNG SESAJI SEDEKAH LAUT DESA TRATEBANG BERLANGSUNG MERIAH

Polres Pekalongan – Merupakan acara tahunan di Desa Tratebang Kecamatan Wonokerto berupa larung sesaji Sedekah Laut adalah salah satu trasisi yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat Desa tersebut.  Sabtu 22 September 2018.

Hadir dalam acara tersebut adalah Kapolsek Wiradesa AKP Yorisa Prabowo, S.Pd didampingi Kapospol Wonokerto Aiptu Martikno dan para Muspika beserta masyarakat nelayan desa Tratebang dan sekitarnya.

Sedekah Laut berupa larung sesaji oleh masyarakat desa Tratebang merupakan kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan sejak turun temurun dari nenek moyang masyarakat tersebut. Pronisa yang seorang Kepala Desa Tratebang mengemukakan acara larung sesaji oleh masyarakat desa Tratebang diyakini supaya membawa perolehan hasil tangkap ikan melimpah dan barokah disamping untuk keselamatan para nelayan selama berada di tengah laut selama mencari ikan.

Dengan menggunakan kapal nelayan, masyarakat berbondong – bondong menuju ke tengah laut dan setelah di doakan oleh sesepuh desa tersebut kemudian sesaji dilarungkan di tengah laut. Terlihat masyarakat desa Tratebang dan sekitarnya termasuk yang dari luar Kecamatan Wonokerto juga banyak yang menyempatkan untuk menyaksikan acara tersebut walaupun menyaksikan hanya di pinggir pantai. Acara berlangsung sederhana tapi meriah, acara demikian perlu dilestarikan mengingat ini adalah salah satu acara adat peninggalan nenek moyang kita begitu kepala desa Tratebang menuturkan.(kris)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed