oleh

Komitmen Polsek Paninggaran Intensifkan Kegiatan Operasi Yustisi Pendisiplinan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Pada Tahapan Kampanye Pemilukada Serentak Tahun 2020 Kabupaten Pekalongan

Polres Pekalongan – Mendasari situasi dan kondisi yang terjadi dimana tren kenaikan penderita COVID-19 yang mengalami peningkatan, dan masih menjadi pekerjaan rumah seluruh elmen masyarakat dan aparatur terkait, termasuk masih banyak didapati masyarakat yang belum mematuhi dan mengindahkan protokol kesehatan, sehingga sangat berpotensi terjadi klaster baru penyebaran COVID-19, khususnya di wilayah Kabupaten Pekalongan.

Telah diketahui bersama, bahwa dimasa pandemi ini, juga masih berlangsung tahapan Pemilukada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Pekalongan, kontestasi politik tersebut masuk dan masih dalam tahapan kampanye terbatas, dimana pola dan mekanisme kampanye telah diatur pada regulasi yang dikeluarkan oleh pihak KPU sebagai salah satu penyelenggara pemilu, sebagai contoh pola kampanye dimasa pandemi hanya boleh dilaksanakan pada kampanye terbatas dengan bentuk kampanye dan peserta yang dibatasi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan mengandung maksud mencegas terjadinya klaster baru penyebaran covid 19.

Disisi lain, Polri bersama pihak terkait terus melakukan upaya secara intensif untuk memutus penyebaran virus dengan jalan melaksanakan kegiatan operasi yustisi pendisiplinan dan penegakan hukum terhadap masyarakat yang melanggar protokol kesehatan. Sabtu (10/10/2020) personil Polsek Paninggaran, Koramil 13 Paninggaran dan Pihak Trantib Kecamatan Paninggaran melaksanakan operasi yustisi di jalan raya Paninggaran depan Pasar Paninggaran. Dalam kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Paninggaran Iptu Nircholis bersama anggota yaitu Kanit Binmas Bripka Carno, Kasium Paninggaran Bripka Agus, dan Kanit Intelkam Bripka Dedi, termasuk personil Koramil Paninggaran Sertu Dwi dan Trantib Dakirin. Didapati masyarakat pelanggar protokol kesehatan yaitu tidak memakai masker sejumlah 18 pelanggar, kemudian dilakukan upaya penyadaran baik lisan dan tindakan disiplin kepada para pelanggar baik pria atau wanita. Adapaun 5 pelanggar dilakukan teguran lisan, 5 pelanggar menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan 8 pelanggar dijatuhi hukuman tindakan fisik berupa push up.

Kapolsek Paninggaran menjelaskan, selama kegiatan berjalan lancar dan kondusif, selain itu kegiatan tersebut adalah bentuk komitmen polri dan pihak terkait guna memberikan penyadaran dan pendisiplinan terhadap masyarakat bahawa protokol kesehatan adalah sudah menjadi kesepakatan bersama untuk selalu ditaati guna cegah penyebaran COVID-19 yang diawali dari masing – masing kesadaran pribadi individu masyarakat dalam aktifitas sehari – hari.

Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif demi tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit. S)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed