oleh

Kesadaran Masyarakat, Faktor Penentu Pemutusan Rantai Penyebaran Pandemi COVID-19

Polres Pekalongan – Mendasari perintah Kapolres Pekalongan, selanjutnya melalui jajaran Kepolisian Sektor/ Polsek terus dilakukan upaya preemtif serta preventif termasuk diikuti dengan kegiatan penegakan hukum terkait pendisiplinan masyarakat guna mencegah penyebaran COVID-19. Kita ketahui bersama bahwa tren kenaikan penderita masih terjadi di beberapa wilayah khususnya provinsi jawa tengah, oleh karena itu menjadi keprihatinan kita bersama baik secara individu maupun secara kelompok termasuk lembaga pemerintah pengampu kepentingan.

Program dan kebijakan pemerintah pusat dan daerah telah dijalanakan dan diimplementasikan dalam bentuk kegiatan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat tentang pentinganya mematuhi protokol kesehatan. Kabupaten Pekalongan adalah salah satu kabupaten yang ikut andil secara aktif, rutin dan berkelanjutan secara komperhensif ikut mennaggulangi penyebaran pandemi COVID-19 ini, bahkan termasuk mengeluarkan kebijakan dibidang kesehatan, diantaranya pemenuhan kebutuhan layanan medis dan rehabilitasi kesehatan, baik penyediaan jasa medis dan sarana prasarana kesehatan yang khusus diperuntukan untuk merawat penderita yang dinyatakan positif covid 19 di Kabupaten Pekalongan.

Upaya lain yang dilakukan pemerintah daerah adalah bersama – sama TNI/ Polri dan pihak – pihak terkait mengadakan kegiatan operasi yustisi pendisiplinan dan penegakan hukum terhadap masyarakat guna mematuhi protokol kesehtan. Seperti halnya personil Polsek Paninggaran, Polres Pekalongan dipimpin Kapolsek, Kanit Binmas Bripka Carno, Kanit Intelkam Bripka Desi, Brigpol Pungkas dan Brigpol Andika M., bersama 2 peraonil Koramil Paninggaran dan pihak Kecamatan Paninggaran pada hari Selasa (29/09/2020) pukul 09.00 wib, telah melaksanakan operasi yustisi tersebut di jalan raya Paninggaran/ depan kantor Kecamatan Paninggaran. Selama kegiatan berlangsung berjalan aman lancar dan kondusif, didapati 10 pelanggar protokol kesehatan, rata -rata bentuk pelanggarannya adalah didapati tidak memakai masker, selanjutnya kepada 3 pelanggar diberikan teguran lisan dan tindakan disiplin di tempat yaitu melakukan push up, dan untuk 7 pelanggar yang lain diberikan teguran lisan.

Melalui Kapolsek Paninggaran Iptu Nurcholis, kegiatan operasi yustisi tersebut, mengandung maksud dan tujuan memberikan penyadaran kepada masyarakat dengan tegas namun humanis, agar selalu mematuhi protokol kesehatan demi cegah penyebaran virus covid 19.

Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif demi tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit. S)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed