oleh

Kasi Humas Berikan Binluh Tentang Pentingnya Menjaga Kelestarian Hutan Kepada Warga

Polres Pekalongan  –  Aiptu Sutrisno selaku Kasi Humas Polsek Lebakbarang sambang ke warga di Dukuh Parakan Desa Sidomulyo dan bertemu beberapa warga di rumah bapak Taryudi tokoh masyarakat yang sekaligus juga sebagai perangkat desa/ Kadus, Selasa (10/09/2019) pukul 15.00 wib.

Selanjutnya melakukan dialog serta memberikan binluh tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan untuk menjaga keutuhan ekosistem alam demi mendukung kelangsungan hidup manusia dan mahluk hidup lainya yang berada di bumi tercinta ini.

Aiptu Sutrisno memulai binluhnya dengan menyampaikan tentang kesulitan warga untuk mendapatkan air yang mulai dirasakan oleh sebagian besar warga masyarakat Kec. Lebakbarang  pada musim kemarau seperti sekarang ini, pada jaman dahulu hal tersebut hampir tidak pernah terjadi dan dialami warga tapi mengapa sekarang ini terjadi?

Aiptu Sutrisno secara panjang lebar menjelaskan bahwa ekploitasi hutan secara berlebihan mengakibatkan rusaknya alam. “Banyak jenis pepohonan besar dengar akar yang kuat sehingga mampu menahan dan menyimpan air tumbang dan hilang karena ditebang sehingga pohon di hutan sedikit demi sedikit menghilang berganti dengan tanaman produksi seperti kopi dan lainya yang tidak lagi mampu menyerap dan menyimpan air sehingga di musim kemarau seperti sekarang ini akibat dan dampaknya di rasakan oleh warga masyarakat yaitu kesulitan air,” ujarnya.

“Apabila hal tersebut dibiarkan dan tidak ada tindakan nyata untuk memperbaiki keruskan hutan, maka di kemudian hari anak cucu kita yang akan menanggung bebanya,” tambah Sutrisno.

“Untuk itu marilah dengan sadar kita bersama – sama memperbaiki, menjaga dan melestarikan hutan dan lingkunganya agar ekosistim tetap bisa terjaga dengan baik, bagaimana Bapak – bapak?” Lanjut Aiptu Sutrisno mengajak dan menghimbau dan secara serentak warga yang hadir menjawab setuju dan berjanji akan bersama – menjaga hutan dan lingkungan agar terpelihara denga baik.

Dialog dan Binluh antara AiptuSutrisno dan warga Dukuh Parakan tersebut berlangsung kurang lebih 2 jam, berjalan akrab dan penuh persaudaraan terjadi interaksi dan tanya jawab yang baik hingga selesai pada pukul 17.00 wib situasi berjalan aman dan kondusif. (sutrisno)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed