oleh

Kasat Sabhara Cek Senjata Inventaris Sat Sabhara

Polres Pekalongan – Dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan setiap personelnya, Sat Sabhara Polres Pekalongan melaksanakan kegiatan rutin yaitu pengecekan pengoperasian senjata setiap personel Sat Sabhara guna menunjang tugas rutin Kepolisian. Latihan tersebut antara lain meliputi bongkar pasang senjata laras panjang jenis Pindad SS1 Sabhara-V2, tata cara pengamanan senjata saat melakukan pengamanan dan saat terjadi kejadian darurat  dan penggunaan senjata laras pendek (revolver).Jumat(18/5/18).

Menurut Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan S.H, S.I.K, M.Si melalui Kasat Sabhara AKP Prisandi Tiar S.T, S.Kom pengecekan rutin SOP pengoperasian senjata dan bongkar pasang senjata ini sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan setiap personelnya. “Kami berharap semua personil Sabhara tidak hanya mahir menembak, tetapi juga terampil saat melakukan bongkar pasang senjata, terlebih saat menggunakan senjata  V2 Sabhara,” ujarnya saat melakukan cek senjata di depan ruang penjagaan Mapolres Pekalongan .

Ditambahkan oleh AKP Prisandi Tiar, ketrampilan bongkar pasang senjata tersebut sebenarnya telah mereka dapatkan selama menjalani pendidikan. Namun diasah lagi supaya lebih mahir. Selain meningkatkan kemampuan personel, latihan bongkar pasang senjata juga bermanfaat membersihkan senjata dan mempersiapkan senjata mereka untuk bisa digunakan sewaktu-waktu.

“Tak hanya dibongkar pasang, senjatanya juga dibersihkan dari berbagai macam kotoran, baik di laras maupun mekanisme rumah peluru dan trigger, sehingga tidak ada kendala nantinya pada saat akan digunakan” jelas AKP Prisandi Tiar.

“Pada dasarnya kegiatan rutin ini untuk memantapkan kemampuan personel, jangan sampai senjata hanya buat gagah-gagahan saja, tidak menutup kemungkinan pada saat penugasan personel yang bersangkutan akan menemui kendala dalam penggunaan senjata. Untuk itu diperlukan personel yang cekatan dan terampil dalam menangani kendala senjata tersebut,” Pungkas Kasat Sabhara.(wwn)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed