oleh

Kapolsek Wonopringgo Pimpin Pengamanan Pemberkasan Cakades Surobayan

Polres Pekalongan – Kapolsek wonopringgo Iptu Akhmad Fauzi memimpin langsung pengamanan jalanya pemberkasan balon kepala desa surobayan oleh P3KD sebanyak 8 berkas dari 10 orang yang mendaftar 2 orang gugur karena tidak melengkapi berkas.

 Di desa Surobayan bakal calon kepala desa telah mengumpulkan berkas kelengkapan sebanyak 8 (Delapan) calon, dan telah diterima oleh P2KD karena ada indikasi 2 Kubu Bakal calon kepala desa yang akan menggagalkan dalam seleksi Bakal calon kepala desa dengan system skoring (dari Kubu incumben dan dari kubu warga), dari kubu Incumben sebanyak 5 orang dan dari warga 3 orang. Sebagian besar masyarakat melakukan protes Opsi Tidak percaya kepada P2KD dikarenakan ada indikasi ketidak netralan dari P2KD desa Surobayan yang memihak salah satu Bakal Calon Kepala desa.

Pandangan warga bahwa P2KD tidak terbuka dalam memberikan informasi tentang verifikasi kelengkapan persyaratan Bakal calon Kepala Desa, seakan akan menutupi dan mempersulit salah satu Bakal calon kepala desa. Wargapun meminta agar bakal calon kepala desa dari perwakilan warga sebanyak 3 calon salah satunya harus masuk dalam penetapan calon kepala desa. dengan ketidak percayaan sebagian warga kepada P2KD agar Pilkades ditunda hingga periode berikutnya.

Timwas kecamatan (Camat, Kapolsek, Kasi Pemerintahan, Kanit Intel, Kanit Reskrim, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas) melaksanakan koordinasi langsung dengan Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (PMD) Kab. Pekalongan yang menghasilkan rekomendasi dari Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (PMD) Kab. Pekalongan ada 2 opsi yaitu opsi pertama Menyarankan kepala desa agar mendengarkan aspirasi warganya dengan cara P2KD menetapkan 5 Calon kepala desa yang berasal dari kubu Incumben dan Kubu warga. Agar kedua nya dapat mempunyai wakil Bakal Calon kepala Desa dengan cara Demokrasi dan tidak meninggalkan aspek Keamanan. Obsi kedua apabila opsi pertama tidak bisa dilaksanakan, demi menciptakan situasi keamanan yang kondusif maka Pelaksanaan Pilkades Khususnya di Desa Surobayan ditunda sampai periode berikutnya yaitu tahun 2022.

Musyawarah lanjutan antara timwas, BPD, P2KD dan perwakilan Warga dan tokoh Masyarakat dengan agenda menyampaikan arahan dari Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (PMD) Kab. Pekalongan akan dilaksanakan pada Hari Selasa, 1 Oktober 2019 Tempat di Gedung Pertemuan Ds. Surobayan Kec. Wonopringgo atas kesepakatan bersama antara Timwas, BPD, perwakilan warga dan P2KD Berkas Bakal Calon Kepala Desa sementara waktu disimpan Oleh BPD. (tgh_but)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed