Beranda SATWIL Polsek Wiradesa Kapolsek Wiradesa Pimpin Pengamanan Kegiatan Tradisi Larung Sesaji Di TPI Jambean

Kapolsek Wiradesa Pimpin Pengamanan Kegiatan Tradisi Larung Sesaji Di TPI Jambean

78
BERBAGI

Polres Pekalongan – Kepala Kepolisian Sektor Wiradesa Polres Pekalongan AKP Yorisa Prabowo, S.Pd dan puluhan personil baik dari Polsek Wiradesa sendiri maupun personil dari Polres Pekalongan. Kegiatan pengamanan tradisi Larung Sesaji yang dilaksanakan di sekitar Lokasi TPI Jamben Ds. Pecakaran Kec. Wonokerto Kab. Pekalongan, Rabu (18/10/2017) pagi tadi.

AKP Yorisa Prabowo, S.Pd  menyampaikan bahwa Tradisi Larung sesaji adalah perwujudan dari rasa bersyukur masyarakat sekitar TPI Jambean kepada Allah SWA atas segala hasil penghidupan selama setahun silam yang berasal mula dari laut dan selanjutnya memohon agar dalam waktu setahun berikutnya masih bisa mendapatkan hasil penghidupannya juga yang berasal dari laut tersebut yang lebih melimpah.

Kegiatan Larung Sesaji diawali dengan sambutan dari Ketua KUD Minoyoso TPI jambean Bp. Efendi, kemudian dilanjutkan acara Larung Sesaji dipimpin Ketua Adat setempat Bp.Kanapi bersama rombongan Kapolsek Wiradesa, Kasat Intelkam Polres Pekalongan berikut 16 orang lainnya sebuah perahu yg sudah berisi Sesaji.

Setelah itu rombongan berangkat menuju Laut Lepas dengan dikawal perahu karet berisi 5 anggotaTNI AL Pos Wonokerto dipimpin Pelda Mes Marso juga diiringan 20 perahu berisi warga masyarakat, yang selanjutnya setelah semua Sesaji di larung/ diletakkan di laut lepas, rombongan kembali ke TPI Jambean

Kapolsek Wiradesa AKP Yorisa Prabowo, S.Pd mengatakan bahwa setelah melaksanakan kegiatan larung sesaji dilanjutkan dengan perlombaan-perlombaan diantaranya lomba Dayung,  Pemecahan Rekor Muri yaitu dengan Menyediakan 9.000 besek berisi makanan Nasi megono berikut ikan sotong blekutak, Pagelaran Wayang golek dengan Dalang Ki Mangun dari Pemalang, Pagelaran Orkes Melayu Salsabila dari Kota Pekalongan dan Pengajian Umum dengan pembicara Usdatz Hari Wahyudi dari Jakarta dan rencana kegiatan tersebut turut mengundang  Bupati Pekalongan Bp. H. Asip Kholbihi, SH M.Si. (Martikno)

Editor : Humas Polres Pekalongan

BERBAGI