oleh

Kapolsek Wiradesa dan Bhabinkamtibmas Ikuti Rakor Sosialisasi MoU Polri, Kemendagri dan Kemendes PDTT

Polres Pekalongan – Selasa(14/11/17) Kapolsek Wiradesa AKP Yorisa Prabowo, S.Pd berikut 5 anggota bhabinkamtibmas yaitu Aipda Bagas.AP , Bripka Andang. DW , Bripka Fajar. Hms , Brigadir Arif Wahyudianto dan Brigadir Sartono.SH mengikuti kegiatan bersama Pemerintahan Kab. Pekalongan dalam Rakor Sosialisasi Mou antara Kemendes PDTT , Kemendagri dan Polri tentang Pencegahan , Pengawasan dan Penanggulangan Permasalahan Dana Desa.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh jajaran pengguna, pengawasan dan penindakan pelanggaran dana desa di tingkat Kab.Pekalongan yaitu : Yang mewakili Bupati Pekalongan Kepala Dinas PMD, P3A dan PPKB Kab.Pekalongan , Para Camat dan para kades , Para Kapolsek dan bhabinkamtibmas, Kejaksaan Negeri dan DPRD tingkat II Kab.Pekalongan.

Kepala Dinas PMD , P3A dan PPKB Kab. Pekalongan yang dalam sambutannya menekankan dana pembangunan desa adalah dana yang berasal dari APBN untuk pemerataan dan kesejahteraan masyarakat desa sehingga dalam penggunaannya dilakukan secara prioritas dengan baik dan tepat sasaran. Dilanjutkan pemberian materi oleh Ketua DPRD Ibu. Hj. Hindun tentang Pemerataan Pembangunan pedesaan diseluruh wilayah Indonesia adalah merupakan program Pembangunan Nasional yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan untuk itu diperlukan faktor pencegahan penyalahgunaan dalam pengelolaan nya. Pemberi materi kedua dari Polres Pekalongan dalam hal ini di sampaikan oleh Waka Polres Kompol Drs. Joko Watoro yang dalam arahannya menjelaskan peruntukan penggunaan alokasi dana desa, Modus operandi penyalahgunaan dana desa, peran para bhabinkamtibmas dalam mengawal dana desa. Kejaksaan Negeri  Kab Pekalongan sebagai pemberi materi ketiga diwakilkan kepada Kasi Pidana Umum. Materi yang diberikan tentang Difinisi keuangan desa , Unsur-unsur yang menyangkut keuangan desa , tugas dan tanggung jawab Kejaksaan dalam menangani pelanggaran pengelolaan dana desa , Sanksi dan ancaman hukum Tindak pidana korupsi.

Terakhir sebagai pemberi materi adalah Inspektorat Wilayah Kab.Pekalongan Bp. Kumaedi, M.Si . Dalam pemberian materi Inspketorat menerangkan para Kades berkewajiban memeratakan kesejahteraan masyarakatnya dan dengan adanya dana desa diharapkan dapat dikelola dan digunakan dengan sebaik baiknya serta menjauhkah penyalahgunaannya, Para Camat agar benar2 melakukan pengawasan terhadap pengolaan dana desa dan berkoordinasi dengan Para Kapolsek.

Kapolsek Wiradesa Berharap dengan adanya sosialisasi ini Para bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polsek Wiradesa bisa memahami apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. “Tugas kita sebagai pengawal dana desa harus humanis, koordinasi yang baik dengan kepala desa, mari dukung pemerintah dengan program-program yang telah direncanakan dan penegakan hukum adalah opsi terakhir” pungkas Kapolsek.(martikno)

Editor : Humas Polres  Pekalongan

Komentar

News Feed