oleh

Kapolsek Paninggaran Pimpin Operasi Yustisi Pendisiplinan dan Penegakan Hukum Terhadap Pelanggar Protokol Kesehatan Di Perbatasan Pekalongan – Banjarnegara

Polres Pekalongan – Penyebaran pandemi COVID-19 sampai dengan saat ini masih menjadi perhatian, terutama Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, bahkan dibeberapa daerah mengalami tren kenaikan jumlah penderita yang dinyatakan positif terjangkit virus tersebut. Setelah dilakukan analisa evlusai oleh pemerintah dan pihak terkait penanganan pandemi COVID-19, didapati fakta bahwa tren kenaikan penderita serta penularannya disebabkan oleh faktor diantaranya tingkat kesadaran masyarakat yang rendah untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti tidak menggunakan masker pada setiap aktifitas sehari – hari, pola hidup yang tidak menjaga kebersihan dan mengabaikan menjaga jarak antar individu dalam berinteraksi sosial.

Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk kemudian ikut berperan serta dalam upaya serta kegiatan pencegahan ataupun pemutusan rantai penyebaran COVID-19. Sampai dengan saat ini, khususnya pemerintah daerah Kabupaten Pekalongan telah secara masif dan berkelanjutan melakukan kegiatan sosialisasi, himbauan dan rehabilitasi serta pengobatan bagi para penderita yang dinyatakan positif terjangkit, seperti sosialisasi penerapan protokol kesehatan baik secara langsung kepada individu, kelompok masyarakat, termasuk melalui media sosial. Selanjutnya terhadap penderita telah disediakan pelayanan serta fasilitas kesehatan yang dikhususkan dimasa pandemi ini, tidak lupa pula dilakukan upaya pendisiplinan seperti operasi yustisi terhadap pelanggar protokol kesehatan di seluruh wilayah Kabupaten Pekalongan.

Pada hari Selasa, 22 September 2020 Kapolsek Paninggaran Iptu Nurcholis memimpin langsung kegiatan operasi yustisi pendisiplinan tersebut, yang dilaksanakan di jalan raya Paninggaran – Banjarnegara tepatnya di perbatasan kedua wilayah kabupaten tersebut ikut Desa Kaliboja Kecamatan Paninggaran, bersama personil polsek berjumlah lima personil termasuk Kanit Binmas Bripka Carno, dua personil TNI dipimpin Sertu Dwi dan Kasi Trantib Kecamatan Paninggaran Dakirin. Kegiatan dilaksanakan dengan cara menghentikan masyarakat yang melintas dan didapati tidak menggunakan masker, selain itu ditanyakan juga identitas diri, setelah itu diberikan pesan – pesan terkait pencegahan covid. Kemudian untuk para pelanggar diberikan sanksi berupa teguran lisan, ataupun tindakan disiplin di tempat seperti push up. Selama kegiatan berlangsung didapati 18 pelanggar, diantaranya 13 mendapatkan teguran lisan dan 5 diantaranya tindakan push up.

Melalui Kapolsek Paninggaran, kegiatan tersebut mengandung maksud dan tujuan memberikan penyadaran kepada seluruh lapisan masyarakat, agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran COVID-19. Selama kegiatan berlangsung situasi terdapat aman, lancar dan kondusif.

Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif demi tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit. S)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed