oleh

Kapolsek Paninggaran bersama Kanit Sabhara Patroli Jalan Raya Pekalongan – Banjarnegara Tepatnya Jalur Baru “Sibelis” Desa Tenogo Kecamatan Paninggaran

Polres Pekalongan – Pada tahun 2020 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui pelaksana PT. Pilar Utama sedang mengerjakan proyek skala prioritas pada jalan raya yang menghubungkan antara Kabupaten Pekalongan – Kabupaten Banjarnegara tepatnya pada jalur Sibelis (Sebutan oleh warga selama ini) masuk wilayah Desa Tenogo Kec. Paninggaran Kab. Pekalongan, dimana sub lokasi jalan raya tersebut berada pada wilayah hutan yang diampu oleh KPH Pekalongan Timur. Bisa dideskripsikan bahwa pengerjaan proyek difokuskan pada jalur lama sibelis yang dibuka aksesnya kembali melalui penataan ulang baik kajian secara letak tata tanah, kerawanan serta aspek kemanfaatan oleh pihak jasa marga Prov. Jawa Tengah, diantaranya jalan dicor beton, termasuk pada sisi dalam yaitu cor pada bagian tebing dan cor pada tembok pembatas sisi luar.

Kajian tersebut telah melalui proses panjang, dimana sebelumnya diketahui oleh kita bersama jalan sibelis saat ini masuk pada kategori jalan rawan longor dan amblas khusunya pada musim penghujan, bahkan kontur jalan yang menanjak dan berkelok selama ini menjadi kendala kelancaran transportasi perpindahan orang atau barang yang tergolong padat, sehingga berpengaruh pada sektor ekonomi kemasyarakatan, selanjutnya dipandang perlu bahwa jalur saat ini direlokasi ke jalur Sibelis lama dengan tetap memperhatikan standar kelayakan dan keselamatan jalan raya.

Oleh karena itu kemudian jalur Sibelis lama kemudian aksesnya dibuka kembali setelah sekian lama ditutup, dan pengerjaan proyek tersebut sampai dengan saat ini masih pada tahap pengerjaan oleh pelaksana PT. Pilar Utama, progres pengerjaan sudah 70 % dan diperkirakan rampung pada akhir tahun 2020.

Demi kelancaran serta kondusifitas kamtibmas pelaksanaan pengerjaan proyek skala prioritas tersebut, Polsek Paninggaran Polres Pekalongan berkomitmen untuk ikut berpartisipasi dengan cara melaksanakan patroli rutin pada lokasi dan lingkungan sekitar proyek tersebut, seperti halnya dilaksanakan kegiatan patroli rutin dab berkelanjutan pada Rabu (14/10/2020), dipimpin langsung oleh Kapolsek Iptu Nurcholis bersama Kanit Sabhara Bripka Sigit Suharyadi dan Kanit Intelkam Bripka Dedi AK menyambangi lokasi dan dilaksanakan himbauan serta upaya dialogis oleh Kapolsek kepada mandor dan para pekerja tentang savety first/ keselamatan kerja adalah paling utama, selain itu disampaikan pula edukasi protokol kesehatan guna cegah COVID- 19.

Kapolsek menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan patroli kewilayahan tersebut adalah menciptakan kamtibmas yang kondusif dan bentuk komitmen polri selalu hadir ditengah – tengah masyarakat dalam aktifitas kemasyarakatan sehari – hari.

Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif demi tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit. S)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed