oleh

Kapolsek Paninggaran Amankan Kegiatan Itsbat Nikah

Polres Pekalongan – Pelayanan terpadu Pengadilan Agama Kajen, Kemenag Kabupaten Pekalongan dan Pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam rangka itsbat nikah, pencatatan perkawinan dan kelahiran telah berlangsung di depan kantor kecamatan paninggaran kabupaten pekalongan, Selasa (21/03/18).

Acara yang dimulai pukul 09.00 wib dihadiri langsung oleh Bupati Pekalongan H. Asib Kholbihi, S.H., M. Si. beserta rombongan, tampak hadir Kepala Kemenag Kab. Pekalongan dan Ketua Pengadilan Agama Kajen, dengan peserta Istbat nikah kurang lebih 40 pasangan.

Sebelum acara dimulai, empat puluh pasangan nikah warga berkumpul di depan KUA Paninggaran kemudian berjalan kaki kearah barat menuju Kantor Kecamatan dengan jarak tempuh sekitar 500 meter dengan diiringi group drumband Banser.

Dalam sambutannya Bupati Pekalongan mengatakan bahwa syarat syah nikah ada dua yaitu syah menurut syari’at islam dan syah menurut aturan pemerintah (dicatat dalam buku nikah atau itsbat nikah), setelah memberikan sambutan kemudian memukul gong sebagai tanda acara istbat nikah sudah dimulai dan 40 pasangan masuk ke ruang sidang istbat nikah.

Dalam acara tersebut terlihat Kapolsek Paninggaran AKP Priya beserta Camat dan Danramil mendampingi Bupati Pekalongan saat pelaksanaan sidang isbat nikah dari 40 pasangan sedangkan dua personil anggota Polsek Brigadir Ageng Nur Jatmiko dan Brigadir Andhika melaksanakan penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas depan Kantor Kecamatan Paninggaran dibantu dari rekan – rekan banser.

Sebelum acara selesai Bupati Pekalongan memberikan penghargaan dan atau cinderamata kepada Ketua KUA Paninggaran dan KUA Kandangserang, Bidan desa yang mendukung kegiatan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan (gisa) dan pasangan itsbat nikah tertua yaitu bapak Duladai dari dukuh Besuki desa Paninggaran.

Manfaat dari istbat nikah dan pencatatan perkawinan yaitu status perkawinan menjadi jelas, status anak menjadi jelas, harta yang diperoleh setelah perkawinan dan mempermudah kepengurusan KTP atau KK, pungkas Bupati Pekalongan dalam akhir sambutannya. (kusdi png)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed