oleh

Kapolsek  Menggandeng Muspika  Kecamatan Talun  Jalin Kerjasama Wujudkan Kamtibmas Yang Aman

Polres Pekalongan -Kapolsek Talun Iptu Edi yuliantoro, S.H bersama Camat Talun Suprayitno,  S.Sos., M.A  melaksanakan patroli sambang serta dialogis bersama sejumlah perangkat desa di Balai Desa Batursari , Senin (02/12).

Kegiatan ini untuk menyampaikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas.

“Giat sambang ini adalah wujud sinergi antara pihak Desa dengan Kepolisian guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif,” ucap Kapolsek.

Dalam sambang ini dimaksudkan untuk menjalin kemitraan dan kerja sama yang harmonis antara perangkat desa maupun tokoh yang lainnya. Dan serta warga masyarakat dengan Kepolisian untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas wilayah Batursari  supaya tetap aman dan kondusif.

”Pasca Pilkades serentak 2019 agar saling berbagi informasi tentang situasi di kewilayahan, sehingga dapat mencegah terjadinya konflik antar warga. Juga tak lepas dari informasi atau berita hoax yang terdapat unsur sara dan provokasi agar masyarakat lebih hati hati dan waspada,” pungkas Kapolsek.

Terjadinya ketegangan pasca Pilkades, terutama kubu pendukung merupakan hal yang wajar. Namun, ketegangan tersebut tidak boleh dibiarkan berkembang dan bertumbuh secara terus menerus, apalagi menciptakan polarisasi dalam masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meredam ketegangan tersebut. Dalam rangka meredam ketegangan pasca Pilkades, rekonsiliasi antara pihak yang bertikai mutlak diperlukan. Rekonsiliasi merupakan upaya untuk meyatukan seluruh elemen masyarakat dalam desa dan kemudian bersama-sama berpartisipasi dalam membangun desa.

Dalam rangka rekosiliasi, Kepala Desa terpilih mempunyai peran yang sangat penting. Sebagai seorang pemimpin, dia mesti mempunyai strategi agar masyarakat yang bersih-tegang dapat bersatu kembali. Untuk meredam ketegangan, kepala desa mesti melibatkan lawan politiknya selain tim suksesnya pada jabatan atau uurusan pemerintahan desa. (Humas_Talun)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed