oleh

Kapolsek Karanganyar dan Babinkamtibmas Hadiri Sosialisasi Pilkades Desa Kutosari

Polres Pekalongan – Di aula balai Desa Kutosari Kec. Karanganyar Kab. Pekalongan telah dilaksanakan Sosialisasi pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2019 periode 2019 – 2025. Minggu, (4/8/19)

Pada kesempatan tersebut hadir Camat Karanganyar Bpk Drs. Elyas Setiyono, Kapolsek Karanganyar AKP Akhmad Tauhid S.H, Kepala Desa Kutosari Bpk Achmad Ridlwan, Ketua BPD Sdr Hasim serta tokoh masyarakat dan tamu undangan.

Ketua P2KD Kutosari Bpk. Hamim dalam sambutan  pilkades tahun ini secara serentak berbeda dengan tahun sebelumnya karena setiap pedukuhan surat suara berbeda warnanya.dan agar masyarakat bisa mengikuti sosialisasi supaya bisa jelas dan paham dalam tahapan pilkades.

Sambutan Kepala Desa Kutosari agar masyarakat bisa memahami dan mengerti tahapan pilkades karena akan dijelaskan secara teknis tahapan pilkades diantaranya persiapan, pendaftaran calon, seleksi calon, pemungutan suara, penetapan dan laporan pertanggungjawaban bantuan keuangan.

Sambutan Camat Karanganyar calon kepala desa tidak boleh menjanjikan atau memberikan imbalan sesuatu atau membagi uang kepada calon pemilih apabila terbukti melakukan pelanggaran apabila unsur terpenuhi ada bukti dan saksi bisa dilaporkan ke panwas dalam waktu 1×24 jam dan rekomendasi diserahkan ke P2KD untuk diputuskan bisa diskwalisasi, kriteria calon kepala desa diantaranya meliputi beberapa faktor diantaranya pendidikan, usia dan pengalaman untuk pendidikan calon kades minimal SMP untuk usia minimal 25 tahun, pengalaman pernah ikut dalam organisasi atau pernah jadi ketua RT atau RW nantinya akan mengerucut menjadi 5 calon kepala desa.

Kapolsek Karanganyar dalam pilkades terjadi suap menyuap dan jelas ada saksi dan buktinya dilaporkan kepada panwas sehingga dapat diproses secara hukum, calon kepala desa tidak boleh mendirikan posko atau satgas, P2KD harus paham betul mengenai tata cara kampanye perlu dipedomani kampanye maksimal 2 hari sebelum dilakukan dilaporkan kepada P2KD, panwas dan ijin ke Polsek waktu pelaksanaan kampanye dari pukul 09.00 wib sampai dengan 17.00 wib.

Editor : Humas Polres Pekalongan 

 

Komentar

News Feed