oleh

Kapolres Pekalongan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2018

Polres Pekalongan – Sebagai tanda mulai dilakukannya Operasi Patuh Candi 2018, Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh candi 2018 di halaman Mapolres Pekalongan, Kamis (26/4/2018) pagi tadi.

Operasi tersebut serentak di gelar di seluruh Indonesi selama 14 hari, mulai tanggal 26 April 2018 sampai dengan 9 Mei 2018. Operasi Patuh Candi 2018 kali ini juga sebagai persiapan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

Dalam Apel Gelar Pasukan tersebut Kapolres Pekalongan membacakan amanat dari Kepala Kops Lalu Lintas Polri Irjen.Pol Drs. Royke Lumowa, M.M. Dalam amanatnya disambaikan bahwa sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan diharapkan Petugas Kepolisian khususnya Polantas untuk bersinergi dengan semua pihak agar bisa mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas serta bisa membangun budaya tertib berlalu lintas.

Kapolres menambahkan, tujuan dilaksanakannya Operasi Patuh Candi 2018 diantaranya adalah untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas dan terwujudnya situasi kamseltibcarlantas menjelang Ramadhan dan pelaksanaan Pilkada tahun 2018.

“Sesuai dengan sandinya, operasi ini lebih mengedepankan penindakan penegakan hukum yang terukur dan humanis berupa tilang terhadap pelanggar lalu lintas. Selain kegiatan Preemtif dan Preventif tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.” Ujar Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan

Pada pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2018 kali ini ada tujuh poin prioritas yang menjadi sasaran diantaranya, Pengemudi menggunakan HP, Melawan Arus, Pengemudi Sepeda Motor berboncengan lebih dari satu, Pengemudi dibawah umur, Pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan Helm SNI, Pengemudi Motor/Mobil yang menggunakan Narkoba/Mabuk, dan Pengemudi yang berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Diakhir amanatnya Kapolres Pekalongan menghimbau agar selama pelaksanaan operasi utamakan faktor kemanan dan keselamatan personel, khususnya pada saat melakukan penertiban pelanggaran lalu lintas oleh karena itu pedomani standar operasional prosedur yang ada, tambah AKBP Wawan. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed