oleh

Kapolres Pekalongan : Komitmen Kami Jelas, Ikut Sukseskan Pembangunan Desa Yang di Canangkan Pemerintah

Polres Pekalongan – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, kementrian Dalam Negeri bekerja sama dengan Polri untuk melakukan pengawasan dan penegakan hukum dalam penggunaan dana desa. Dalam hal ini, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) menjadi instrumen di tingkat desa.

Demikian juga di wilayah hukum Polres Pekalongan, kerjasama antara pemerintah daerah Kabupaten Pekalongan dengan Polres Pekalongan mengenai pengawasan dana desa, dalam penggunaannya, kegiatan pembangunan desa apa saja yang bisa didukung dengan dana desa sudah berjalan.

“Komitmen Polri sudah jelas melalui Mou dengan dua kementrian, wujud implementasi Mou itu, Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Pekalongan turun langsung untuk melakukan pengawasan, pendampingan penggunaan dana desa di masing-masing desa binaannya” Jelas Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H, S.I.K, M.Si. Rabu(7/3/18).

Kendati demikian, penindakan hukum juga dilakukan apabila terjadi penyalahgunaan. Menurut AKBP Wawan Kurniawan S.H, S.I.K, M.Si upaya tersebut dilakukan sebagai upaya terakhir. Penegakan hukum berupa penangkapan dilakukan bila Polisi telah melihat adanya niat buruk penyalahgunaan yang disengaja. “Maka itu apa boleh buat, penegakan hukum harus dilakukan untuk memberikan efek jera kepada yang lain,” tutur dia.

“Dan untuk upaya hukum, garis perintah saya jelas, saya hanya memerintahkan Kasat Reskrim selaku penyidik yang berwenang, dan saya tidak pernah dan tidak akan memberikan perintah kepada pihak lain untuk melakukan penyelidikan, kalaupun ada informasi mengenai penyelewengan dana desa silahkan informasikan kepada saya ataupun penyidik, pasti akan kami tindak lanjuti” imbuh Kapolres.

Kasubag Humas Bag Ops Polres Pekalongan AKP M. Dahyar menambahkan bahwa pengawasan dana desa di wilayah hukum Polres Pekalongan sudah berjalan dengan baik. “kepala desa beserta komponen kerjanya yang bertanggung jawab terhadap penggunaan dana desa selalu berkoordinasi dengan bhabinkamtibmas dalam setiap langkah yang diambil, semoga langkah nyata ini mempercepat suksesnya pembangunan desa di wilayah Kabupaten Pekalongan” tutup AKP M.Dahyar.(wwn)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed