oleh

Kanit Intelkam dan Bhabinkamtibmas Hadiri Pertemuan Rutin Dan Evaluasi Lintas Sektoral Dalam Bidang Kesehatan Kecamatan Paninggaran

Polres Pekalongan – Siang ini Kanit Intelkam Polsek Paninggaran Aipda Ali Sodikin, SH dan Bhabinkamtibmas Bripka Dwi Atmojo mengikuti pertemuan rutin dan evaluasi lintas sektoral dalam bidang kesehatan Kecamatan Paninggaran dengan tema “Hidup Sehat Dimulai Dari Kita”, Senin (16/03/2020).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Camat Paninggaran Dra. Siti Arofah, dan diikuti lebih kurang 60 orang, hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Camat Paninggaran Dra. Siti Arofah, Kapolsek Paninggaran diwakili Bripka Dwi Atmojo, Danramil Paninggaran diwakili Sertu Soleh, Kepala Puskesmas Paninggaran dr. Margie, Kepala Instansi Paninggaran, Kanit Intelkam Polsek Paninggaran, Kepala Desa se Kecamatan Paninggaran dan Ibu penggerak PKK Paninggaran.

Sambutan Camat Paninggaran Dra. Siti Arofah dalam rapat tersebut bahwa rapat ini sebagai tindak lanjut rapat Bupati Pekalongan pagi tadi antara Forkompimda, sesuai protap rapat lebih dari 30 orang maka dilakukan pemeriksaan suhu badan dan cuci tangan. Surat Edaran Bupati Pekalongan sebagai lanjutan dari Instruksi Presiden RI sebagai bentuk pencegahan virus corona, nanti Kepala Puskesmas Paninggaran yg akan menjelaskan secara tekhnis terkait virus corona.

Harapan kami untuk Kepala Desa apabila ada warga yang datang dari luar negeri agar melaporkan kepada Puskesmas, agar dilakukan pemeriksaan, isolasi sesuai protap penanganan virus corona, jangan menyebarkan isu hoax terkait virus corona karena membuat resah masyarakat. Kapolres Pekalongan siap mengawal dan membantu penanganan virus corona dan untuk Dinas Pendidikan agar memantau murid yang libur agar tidak keluar rumah dan belajar dirumah, untuk Ponpes tidak libur tapi tetap menjalankan pola hidup bersih.

Sambutan Kapolsek Paninggaran diwakili Bripka Dwi Atmojo sekaligus mensosialisasikan penerimaan pendaftaran Taruna Akpol, Bintara Polri dan Tamtama Polri. Bripka Dwi Atmojo juga mengatakan bahwa terkait berita hoax, Kami sudah mempunyai medsos baik di FB, Twiter dan IG maka konsultasikan di Medsos tersebut.

Sambutan Kepala Puskesmas Paninggaran dr. Margie Novitasari bahwa Puskesmas adalah tempatnya orang sakit, maka kami harapkan jangan pergi ke Puskesmas kecuali periksa, apabila besuk sesuai waktu yg ditentukan.

Corona virus atau Covid-19 adalah keluarga virus sama dengan virus mers dan sars, dan asal mula dari Provinsi Wuhan China yaitu dari konsumsi hewan kelelawar.

Sesuai protap apabila ada warga Paninggaran yang datang dari luar negeri maka akan menjadi pengawasan Puskesmas, ODP (orang dalam pemantauan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan Suspeck (adalah pasien yg positif terpapar corona virus) dan suspeck harus dilakukan rujukan ke rumah sakit. Gejala virus corona adalah gelaja flu dan demam, cara pencegahan adalah etika batuk, gunakan masker, cuci tangan, dan jika sakit segera konsultasikan ke Puskesmas.

Kemudian acara dilanjutkan dengan dialog dan simulasi cuci tangan, etika batuk dan pemakaian masker. (dedi_ak)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed