oleh

Kanit Intel Polsek Wonopringgo Cek Ipal Cucian Jeans Di Desa Pegaden Tengah

Polres Pekalongan – Kamis tanggal 14 November 2019 Kanit Intel Polsek Wonopringgo telah melakukan penyelidikan terkait rencana pembukaan segel usaha cucian milik saudara H. Makmur, H. Sutikno dan H. Karim di Desa Pegaden Kec. Wonopringgo Kab. Pekalongan oleh pihak Sat Pol PP Kab. Pekalongan. Dalam penyelidikan didapatkan antara lain adanya surat permohonan izin pembukaan segel Arini Loundry tertanggal 31 Oktober 2019 yang ditunjukan kepada Bupati Pekalongan yang dibuat oleh Sdr. H. Makmur pemilik dari usaha cucian citra Arini Loundry yang beralamat Desa Pegaden Tengah RT 07 RW 01 Dukuh Sedayu Kec. Wonopringgo Kab. Pekalongan. Pemilik usaha cucian jeans Citra Arini Loundry mendapatkan rekomendasi atas UKL – UPL kegiatan pencucian citra Arini Loundry dari kantor lingkungan hidup tertanggal 29 Oktoberber 2019, yang ditanda tangani oleh Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kab. Pekalongan Sdr. Ir. Sigit Pambudiono.

Pemilik usaha cucian jeans milik saudara H. Makmur memilki ijin mendirikan bangunan berdasarkan petikan keputusan bupati Pekalongan nomor : 640/IZ.PUK/19/V/2000 tanggal 11 Mei 2000 yang ditanda tangani oleh an. Bupati Pekalongan : Kepala Dinas pekerjaan umum Kab. Pekalongan H. Makmur pemilik usaha cucian jeans citra Arini Loundry membuat izin lokasi dengan mengunakan layanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik dan komitmen izin lokasi terlah terpenuhi sesuai ketentuan perundangan undangan dan berlaku efektif yang dikeluarkan pada tanggal 14 Oktober 2019. Membuat izin usaha tertanggal 14 Oktober 2019 dokumen semua ini dikeluarkan dari sistem OSS atas data dari pelaku usaha. Nomor induk berusaha atau NIB tertanggal 14 Oktober 2019 dokumen semua ini dikeluarkan dari sistem OSS atas data dari pelaku usaha. Izin lingkungan tanggal 14 Oktober 2019 dokumen semua ini dikeluarkan dari sistem OSS atas data dari pelaku usaha.

Adanya surat penyataan yang dibuat oleh saudara H. Makmur yang disaksikan dari pihak Dinperkim LH Sdr. Sudramanto, perangkat desa Sdr. Cahyo Utomo, warga Pegaden tengah Sdr. Zamroden tertanggal 28 Oktober 2019 yang isinya antara lain tidak membuang air limbah ke lingkungan tanpa proses pengolahan. Bersedia membuat IPAL pencucian Jeans yang memenuhi standar sehingga air limbah memiliki baku mutu sebagai mana diatas perda Jateng nomor 5 tahun 2012 paling lama dalam jangka 6 bulan. Bersedia melaksanakan penyedotan atau pengolahan limbah di IPAL Simbang kulon sampai IPAL memenuhi standar. Menghentikan sementara kegiatan usaha apabila bak tampung air limbah penuh, sehingga air limbah tidak tumpah atau tidak mencemari lingkungan sekitar. Mengurus semua perijinan dan adanya berita acara peninjauan IPAL atau Bak tampung citra Arini Loundry yang dibuat oleh instansi Dinperkim LH  yang disaksikan oleh perangkat desa dan warga desa pegaden tengah tertanggal 28 Oktober 2019. Hasil pemeriksaan instansi Dinperkim LH diantaranya IPAL dalam proses pembangunan. Jumlah bak 5 dengan volume 31 M3. Bak pengolahan kimia akan diselesaikan paling lambat 4 hari setelah tanggal peninjauan.

Dalam pembuatan Surat penyataan yang dibuat oleh saudara H. Makmur yang disaksikan dari pihak DINPERKIMLH Sdr. Sudramanto, perangkat desa Sdr. Cahyo Utomo, warga Pegaden tengah Sdr. Zamroden tertanggal 28 Oktober 2019 pihak kepolisian tidak dilibatkan. Kemudian adanya informasi dari pengusaha cucian Jeans akan dilakukan pembukaan segel oleh sat Pol PP untuk percobaan fungsi IPAL untuk mengetahui sejauh mana kesempurnaan fungsi IPAL pada hari Jumat tanggal 15 November 2019 pukul 13.00 WIB. (Humas_wopi)

Editor : Humas Polres Pekalongan.

Komentar

News Feed