oleh

Kanit Binmas Polsek Karangdadap Beri Motivasi Bhabinkamtibmas

Polres Pekalongan – Untuk meningkatkan kinerja dalam pelaksanan tugas-tugas kedepan serta mewujudkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Kanit Binmas Polsek Karangdadap, Bripka Deni Kameswara memberikan bimbingan dan arahan serta motivasi kepada personil Bhabinkamtibmas Polsek Karangdadap, Senin (6/04/2020).

Arahan tersebut merupakan motivasi dan vitamin bagi personil Bhabinkamtibmas untuk lebih semangat melaksanakan tugas dan fungsi Bhabinkamtibmas juga tugas fungsi Kepolisian lainnya

Arahan rutin yang disampaikan Kanit Binmas Polsek Karangdadap memang tergolong unik, disampaikan secara non formal di sebuah rumah makan dengan tujuan terpupuk rasa kekeluargaan antara Kanit Binmas dengan bhabinkamtibmas

Bripka Deni juga meneruskan arahan yang disampaikan Kasat Binmas Polres Pekalongan AKP Kalung bahwa Bhabinkamtibmas itu adalah Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

Berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik indonesia, tentang sebutan Babinkamtibmas (Bintara Pembina Kamtibmas) menjadi Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Kamtibmas) dari tingkat kepangkatan Brigadir sampai dengan Inspektur.

Tugas pokoknya Bhabinkamtibmas adalah melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini dan mediasi/negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa / kelurahan.

Dalam melaksanakan tugas pokoknya tersebut, Bhabinkamtibmas melakukan segala kegiatan pembinaan terhadap warga desa binaannya.

Lebih lanjut, Kanit Binmas juga mengingatkan kembali secara gamblang bahwa tugas bhabinkamtibmas diantaranya kunjungan dari rumah ke rumah warga di seluruh wilayah penugasannya, membantu pemecahan masalah para warganya, melakukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan kegiatan masyarakat, melakukan deteksi dini ataupun terjadinya tindak pidana, memberikan perlindungan sementara kepada orang yang tersesat, korban kejahatan, ikut serta dalam memberikan bantuan kepada korban bencana alam dan wabah penyakit serta memberikan bimbingan dan petunjuk kepada masyarakat atau komunitas berkaitan dengan permasalahan Kamtibmas dan pelayanan Polri.

Bripka Deni juga meneruskan arahan dari Kapolsek Karangdadap, Iptu Bambang Sutrisno, S.H di tengah pandemi virus corona para Bhabinkamtibmas lebih berhati-hati dalam melaksanakan sambang ke desa binaanya, setidaknya mematuhi arahan dari pemerintah dalam mencegah virus corona, seperti sering mencuci tangan, tidak bersalaman dulu, menjaga jarak selama berkunjung ke warga serta memakai masker sebagai perlindungan diri. (andi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed