oleh

Kanit Binmas dan Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Doro Terjun Langsung Menyelesaikan Permasalahan Antar Pemuda

Polres Pekalongan – Kali ini, Kanit Binmas dan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Doro memfasilitasi dan memediasi permasalahan antar pemuda Desa Kutosari dan Desa Kalimojosari di Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan, Sabtu (21/09/2019).

Kejadian bermula saat pemuda Desa Kutosari yang lagi nongkrong, kemudian lewatlah pemuda Desa Kalimojosari dan melontarkan kata-kata yang tidak pantas atau tidak senonoh. Sehingga memancing situasi para pemuda yang sedang berkumpul dan langsung mengejar para pemuda yang naik sepeda motor yang diduga memaki-maki para pemuda Desa Kutosari yang nongkrong.

Pemuda Kutosari mengejar dan hendak meminta klarifikasi sampai masuk ke Desa Kalimojosari, tepatnya di depan rice mille padi milik bapak Haji Nito (alm) langsung bertanya kepada para pemuda Desa Kalimojosari yang berkumpul. Namun malah tidak terima dituduh oleh para pemuda yang notabene pemuda Desa Kutosari yang ingin mengklarifikasi siapa yang mengatai rombongannya, sehingga terjadi kesalahpahaman yang pada akhirnya menimbulkan gesekan sedikit antar pemuda tersebut.

Kanit Binmas dan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Doro Polres pekalongan langsung terjun mendengar informasi tersebut, sehingga kejadian tersebut dapat segera diantisipasi dengan kata lain diredam, sehingga tidak sampai berujung ke anarkhis massa antar warga ataupun para pemuda di kedua desa.

Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas memberikan solusi agar langsung diselesaikkan dengan mediasi untuk kedua belah pihak di kantor balai Desa Kutosarinya. Dengan mengumpulkan Kepala Desa kedua belah pihak dan tokoh agama, tokoh pemuda, sehingga bisa tercapai kata sepakat untuk kebaikkan bersama.

“Saya berharap dan mengingatkan agar para pemuda waktu di jalan ataupun bergaul harus mampu untuk menempatkan diri dan bisa tetap saling hormat menghormati antar pemuda ataupun warga masyarakat lainnya sehingga tercipta situasi yang nyaman dan aman serta tidak menimbulkan gesekan yang berimbas konflik sosial di masyarakat serta dapat menimbulkan perang antar kampung, apalagi ini mendekati pesta demokrasi untuk pilkades yang sudah memasuki tahapan penelitian berkas balon kades di masing-masing Desa di Kecamatan Doro,” tutur Aiptu Suharno. (harno)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed