oleh

Kamtibmas Kondusif Pada Tahapan Kampanye, Kapolsek Paninggaran Dan Anggota Rutin Patroli Wilayah

Polres Pekalongan – Gelaran Pemilukada Serentak Tahun 2020 termasuk dalam program skala prioritas oleh Pemerintah, selain penanganan pandemi covid 19 yang sampai saat ini masih berlangsung. Pemilukada serentak telah menjadi konsensus bersama antara lembaga legesltif selaku legislator dan eksekutif/ pemerintah selaku konstituen atau pelaksana gelaran kegiatan tersebut. Dasar hukum Pemilukada serentak saat ini yaitu UU RI No 6 tahun 2020 tentang Penetapan Perppu 2 tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga UU RI No 1 tahun 2015 tentang Penetapan Perppu 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang – Undang.

Meskipun demikian, seluruh gelaran termasuk tahapan pemilukada sampai dengan penetapan, kemudian pelantikan pimpinan kepala daerah terpilih, harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah kemudian tertuang pada :

Surat Edaran Dirjen P2P Nomor: HK.02.02/II/753/2020 Tentang Revisi ke-3 Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Corona Virus (COVID-19), 16 Maret 2020.

Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) 27, Maret 2020.

Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/202/2020 tentang Protokol Isolasi Diri Sendiri dalam Penanganan Coronavirus Disease (COVID-19).

Penyelenggara pemilukada diantaranya KPUD dan Bawaslu. Sedangkan pelibatan TNI/ Polri sendiri secar kelembagaan maupun personal baik tingkat Markas Besar sampai pelaksana tugas pokok kewilayahan adalah bentuk komitmen TNI/ Polri dalam ikut menjaga situasi kamtibmas selama gelaran pemilukada dapat berjalan lancar, aman dan kondusif dengan tetap mengedepankan sikap netralitasnya.

Upaya yang telah dilakukan sampai dengan saat ini oleh TNI/ Polri adalah melaksanakan kegiatan preemtif/ himbauan, kegiatan preventif/ pencegahan dan kegiatan represif/ penegakan hukum pada ruang lingkup pelanggaran pemilukada oleh Sentra Gakkumdu (Gabungan criminal justice system yaitu Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan) dengan hukum acara yang diatur lebih khusus terkait pemilu baik teknis dan jangka waktu.

Termasuk Polsek Paninggaran Polres Pekalongan, Rabu 07/10/2020 telah melaksanakan kegiatan patroli wilayah secara rutin dan berkelanjutan dimpimpin langsung oleh Kapolsek Iptu Nurcholis bersama anggota dan kegiatan sosialisasi serta edukasi untuk mematuhi protokol kesehatan guna cegah covid 19. Kapolsek menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan mengandung maksud dan tujuan agar situasi kamtibmas wilayah kecamatan paninggaran terdapat aman dan kondusif selama tahapan kampanye saat ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dan aktifitas masyarakat terkait Pemilukada serentak Tahun 2020 Kab. Pekalongan.

Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif demi tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit. S)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed