oleh

Jelang Tahun Baru, Satgas Gakkum Razia Pedagang Petasan Di Pasar

Polres Pekalongan – Mengantisipasi maraknya penjualan petasan dan kembang api jelang malam tahun baru 2019, Satgas Gakkum melaksanakan operasi terhadap penjual petasan di sejumlah lokasi yang ada di wilayah Kab.Pekalongan.

Adapun petugas mengecek beberapa jenis petasan yang dijual para pedagang jual diantaranya petasan P5 3040 : 60 biji, petasan W3013 T : 200 biji, petasan GA0128IT : 280 biji, petasan IF0901T : 72 biji, petasan kupu-kupu : 84 biji, petasan PG667 : 60 biji dan kesemuanya berjumlah 756 biji.

Sementara itu petasan per dos diantaranya petasan P2778 : 97 dos, petasan GA0200 : 36 dos dan petasan W/T 35 : 20 dos dengan total jumlah 153 dos.

Para pedagang petasan di himbau tidak menjual petasan dengan daya ledak besar karena membahayakan masyarakat, karena akan memicu gangguan kamtibmas, seperti keributan dan bisa mengancam jiwa masyarakat.

Petasan berdaya ledak besar tentunya dilarang dan itu bisa dijerat pidana. Yang diperbolehkan sebatas kembang api, tapi itu pun mesti diawasi dalam penggunaannya karena tetap berpotensi memicu kebakaran.

Ipda Sudaryono mengatakan bahwa operasi penertiban kembang api dan petasan merupakan instruksi langsung pimpinan agar pelaksanaan malam pergantian tahun berjalan aman, nyaman dan tenteram, dihimbau juga kepada masyarakat selain tidak menggunakan petasan dan kembang api, untuk malam tahun baru, masyarakat juga diimbau untuk tidak melakukan arak-arakan kendaraan apalagi, pesta minum-minuman keras.

“Lebih baik kita intropeksi dan bermuhasabah, seperti, berdzikir maupun berdoa bersama. Kalau mau bakar-bakaran, lebih baik bakar jagung atau sate bersama keluarga di rumah,” jelasnya. (adif)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed