oleh

Jelang Apel 3 Pilar, Kapolres Pekalongan Cek Kesiapan Anggota Bhabinkamtibmas

-Giat Ops-56 views

Polres Pekalongan – Jelang pelaksanaan Apel 3 Pilar (Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades / Lurah dan Komponen masyarakat) yang rencananya akan digelar pada Kamis (5/8/2018) mendatang di lapangan alun-alun Kajen, maka Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si pagi tadi Kamis (30/8/2018) melaksanakan pengecekan kesiapan anggota Bhabinkamtibmas jajaran Polres pekalongan di halaman Mapolres Pekalongan.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Pekalongan melaksanakan pengecekan kelengkapan surat-surat, sikap tampang, gampol serta ranmor dinas yang digunakan oleh masing-masing personil anggota Bhabinkamtibmas.

Dalam apel tersebut Kapolres Pekalongan menyampaikan bahwa Bhabinkamtibmas adalah sebagai barisan terdepan terkait dengan pemantau situasi harkamtibmas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yang dituntut untuk mampu menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat, membangun kesadaran dan dapat menciptakan suasana yang harmonis dengan masyarakat sehingga menciptakan situasi yang nyaman dan kondusif.

“Saya berharap kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas dapat hadir di tengah – tengah masyarakat sehingga mampu menekan setidaknya permasalahan yang ada di masyarakat dan dapat memprediksi gejolak – gejolak yang terjadi di masyarakat desa binaannya,” ucap AKBP Wawan.

Menurutnya Bhabainkamtibmas tidak hanya selaku Pembina masyarakat di tingkat Desa, namun juga sebagai penyaring informasi dini yang ada di masyarakat. Untuk itu diharapkan kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas agar tidak ragu-ragu dalam menyerap informasi dari masyarakat.

Kapolres Pekalongan meminta kepada para anggota Bhabinkamtibmasuntuk bisa melaksanakan tugas dengan baik meski seluruh anggota Bhabinkamtibmas juga memiliki tugas rangkap yakni melakukan piket penebalan Polsek jajaran.

Lebih lanjut Kapolres juga menyampaikana atensi dari Kapolri dan Kapolda Jateng bahwa seorang anggota Bhabinkamtibmas selain menjadi pembina warga di tingkat kelurahan juga dituntut untuk melakukan inovasi kreatif dalam mendukung pelaksanaan tugas di lapangan.

Bhabinkamtibmas juga memiliki peran dalam hal penyelesaian permasalahan antar warga. Seorang Bhabinkamtibmas harus mampu dan memiliki kemampuan dalam hal mencari solusi setiap permasalahan yang ada di masyarakat. Perselisihan antar warga harus segera diselesaikan dengan secepatnya agar tidak berkembang ke arah yang lebih besar. Karena itulah peran anggota Bhabinkamtibmas saat ini menjadi penting di tubuh Kepolisian dalam rangka mendukung pemerintah dalam hal menjaga dan memelihara keamananan dan keteriban masyarakat. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed