oleh

Jelajah Desa Bertemu Warga Dan Berikan Binluh Tentang Pentingnya Menjaga Kelestarian Alam

Polres Pekalongan – “…. Atau alam mulai enggan bersahabat dengan kita, coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang…..” sayup –  sayup terdengar alunan sendu nyanyian dari penyanyi balada Ebiet G Ade, syair lagu tersebut bercerita tentang polah dan tingkah serta keserakahan umat manusia dalam mengexplorasi alam dengan seenaknya tanpa berfikir panjang tentang dampak dan akibat  yang di timbulkan di kemudian hari terhadap anak cucu dan generasi kita.

Di awal reformasi hingga memasuki akhir 2005 penjarahan kayu hutan dalam bentuk ilegal loging pernah terjadi di wilayah hukum Res Pekalongan dan juga melanda hampir di setiap wilayah yang ada Republik ini, pembakaran hutan gambut dan pengrusakan hutan dengan tujuan membuka lahan sawit dan perkebunan lainya yang di lakukan oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab baik perorangan atau korporasi.

Siapakah yang akan menerima dampak dan akibat dari semua itu?

Setiap musim hujan tiba banjir dan tanah longsor terjadi dimana – mana, rakyat kecil miskin di pedesaan yang hidup berdampingan dengan alam sering menjadi korban, mereka kehilangan sanak saudara dan keluarga  juga harta benda.

Saat tiba musim kemarau kekeringan terjadi di mana – mana, sumber mata air kering tak mampu menampung air untuk persediaan musim kemarau karena tanah dan bukit serta hutan di pegunungan sudah tidak ada lagi pohon dengan akar kuat dan mencengkeram tanah karena semua habis di babat dan di tebang demi memenuhi hawa nafsu angkara murka dan keserakahan para oknum yang tidak bertanggung jawab.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, pada setiap kesempatan Kapolsek Lebakbarang Iptu Sudiyono memerintahkan kepada seluruh anggota untuk melaksanakan program jelajah desa dengan maksud dan tujuan memberikan binluh kepada warga masyarakat tentang arti pentingnya menjaga kelestarian alam.

Selasa, 06 Agustus 2019 pukul 13.30 wib Aiptu Sutrisno melaksanakan giat jelajah desa dan bertemu dengan beberapa warga yang sedang berkumpul dalam rangka membersihkan curug Jlarang di sungai kali Sengkarang Desa Sidomulyo. Dalam kesempatan tersebut beliau berdialog dengan beberapa warga yang ada di lokasi itu serta memberikan binluh tentang arti pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup utamanya seperti di musim kemarau seperti sekarang menjaga hutan rimba yang ada di wilayahnya agar terhindar dari kebakaran.

Diselingi dengan guyonan dan candaan binluh yang disampaikan oleh Aiptu Sutrisno berjalan dengan lancar hingga masyarakat menjadi paham dan mengerti tentang arti pentingnya Kelestarian lingkungan hidup untuk kelangsungan hidup umat manusia. (sutrisno)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed