oleh

Jangan Sebarkan Berita Hoax, Kami Patroli Siber 24jam!

Polres Pekalongan – Patroli Siber di dunia maya terus digalakkan untuk mencari pelaku yang diduga membuat dan menyebarkan berita bohong atau hoaks di media social, Selasa (10/04).

Pengawasan Kepolisian saat ini tidak hanya untuk kejahatan di dunia nyata saja. Kejahatan di dunia maya sudah menjadi atensi Kepolisian.

Patroli siber ini dilakukan oleh Sub Satgas Gakkum, Satgas Nusantara  Polres Pekalongan yang terdiri dari anggota Sat Reskrim itu sendiri. Karena sudah dibentuk tim, kami selalu melakukan control dan pengecekan media social, akun mana yang membuat berita hoax bahkan memutar balikkan fakta yang dapat menimbulkan masalah bahkan memecah belahkan persaudaraan.

Aipda Casminto mengatakan bahwa beberapa akun yang dianggap telah menyebarkan ujaran kebencian dan berita bohong, maka tindakan yang diambil adalah langsung memblokir akun. Selain itu ada juga yang tidak diblokir untuk didalami, bahkan ada yang lanjut penyelidikan dan kita lihat dari kontennya.

Mengenai pencegahan, Sat Reskrim Polres Pekalongan selaku melakukan sosialisasi dengan masyarakat untuk bijak dalam penggunaaan social media, tidak meyebarkan berita yang sudah diputar balikan fakta, Sebab admin dari akun tersebutlah yang dapat berfungsi sangat strategis dalam postinganya. (nisa)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed