oleh

Ingin Jadi Polisi, Simak Cara Dan Syaratnya

-Giat Ops-50 views

Polres Pekalongan – Di era dan jaman modern ini mau masuk seleksi manapun memang harus dipersiapkan secara matang, manusia tidak bisa meraih sesuatu cita-cita dengan instan atau mudah begitu saja. Persaingan publik yang begitu ketatnya mendorong setiap individu mempunyai cara sendiri-sendidi untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Disini penulis indijelaskan bagaimana persiapan yang harus disiapkan sebelum menghadapi atau mengikuti seleksi masuk anggota Polri. Dimana masuk anggota Polri tidak bisa segampang membalik telapak tangan, persaingan publik yang begitu ketatnya harus dipersiapkan secara matang, dimana semua seleksi ini juga diawasi oleh pengawas internal atau eksternal.

Untuk menjadi anggota Polri harus mengikuti tes-tes yang panjang dan semua seleksi adalah sistem gugur, adapun seleksi calon anggota Polri  diantaranya yaitu:

Rikmin

Disini para calon seleksi diwajibkan melengkapi semua berkas-berkas yang telah ditentukan diantaranya KTP, Ijasah, KK, Ijin orang tua, Keterangan bebas narkoba, Keterangan kelakuan baik, photo, surat pengajuan dll, dimana semua itu disertai foto kopi yang dilegalisir oleh pihak yang berwenang.

Kesehatan I

Dalam kesehatan pertama ini peserta di tes dan diseleksi kesehatannya diantaranya tinggi badan dan berat badan, kesehatan nadi, kesehatan mata, kesehatan telinga, kesehatan postur kaki, kesehatan gigi, kesehatan kulit, kesehatan telapak kaki dan tangan. Dimana tahap ini juga di awasi oleh pengawas internal dan ekternal, jadi tidak ada celah oleh para panitia untuk melakukan KKN dalam proses ini.

Psikotes

Semua para seleksi mengikuti tes Psikologi yang meliputi kepribadian, kecerdasan dan kedisiplinan.

Akademik

Tahapan ini para seleksi di uji kecerdasannya dengan berbagai mata pelajaran dan ilmu pendidikan yang disesuaikan dengan masing masing jurusan. yang mana tes akademik juga melibatkan sekolah-sekolah terpadu untuk membuat tes soal tersebut dan dalam pemilihan soal-soal ini selalu diawasi oleh pengawas internak dan eksternal. dimana hasil soal ini disimpan di Bidpropram yang mana brangkas nya di kunci oleh tiga pihak yaitu Propram, Itwasda dan pengawas ekternal.

Kesehatan II

Tes kesehatan II ini meliputi tes darah, jantung, rongsen, HB darah, urine, kolesterol, narkoba, paru-paru dll. Dalam proses ini telah ditunjuk oleh tim kesehatan dari laboratorium yang handal dan hasil yang akurat. Penunjukan laboratorium ini pun melalui prosses lelang sehingga kecil kemungkinan bagi panitia untuk melakukan KKN.

Jasmani

Tes jasmani meliputi lari mengelilingi lapangan yang jumlahnya telah di tentukan, Pull-Up, Sit Up, Push Up, Suttle run, Renang 25 meter dll. semua proses tes ini disamping di jaga dan diawasi oleh pengawas internal dan eksternal juga dipasang kamera dan video perekam pada masing-masing segi tes. Jadi tidak memungkinkan adanya permainan dalam tes ini karena banyaknya pengawas dan masyarakatpun bisa melihat hasil nya secara langsung, pada tahap ini para pesertapun diharapkan untuk mencatat berapa dan bagaimana hasil yang diperolehnya sehingga dapat dipertanyakan atau komplain kepada panitia apabila terdapat hasil yang berbeda dengan apa yang telah meraka catat hasil tes-tes tersebut.

PMK (Penelusuran Mental Kepribadian)

Semua para seleksi akan di telusuri mental kepribadiannya secara tertulis, dan lisan bahkan juga personil intel pun akan menelusuri sampai di daerah para seleksi yang mana menelusuri juga bagaimana sikap dan kelakuan orang tersebut di masyarakat dia tinggal. Sehingga diharapkan akan menjadi manusia yang bermental nasionalis dan beradab untuk bangsa ini.

Rikmin Akhir (Pemeriksaan Administrasi)

Sebelum adanya akhir tes ini diharapkan semua calon anggota Polri sudah mempunyai berkas-berkas yang lengkap dan legal. Disini rikmin akhir akan melibatkan dari Diknas, Kependudukan dan Kopertis untuk menyeleksi keabsahan masing-masing berkas tersebut legal atau tidak. Semua akan diuji dengan alat masing-masing penguji.

Perangkingan terakhir

Tahap demi tahap semua terlaksana dan semua hasil seleksi akan dikumpulkan dan di jadikan satu nilai untuk kelulusan para calon polri tersebut.

Dari semua bidang tes akan di satukan yang mana nilai tersebut juga diamankan dan dimasukkan dalam brangkas yang di kunci oleh tiga pihak, sehingga kerahasiaan ini sangat-sangat terjaga. Hasil seleksi ini akan memunculkan hasil akhir nilai calon tersebut dan akan diumumkan sesuai rangkin masing-masing. Banyaknya peminat ini dan kuota yang tersedia harus dirangking. karena kuota yang tersedia dan disini juga menyangkut anggaran negara juga yang tersedia padahal peminat juga melebihi kapasitas kuota. Perangkinganlah jalan yang bijaksana untuk menempuh hasil akhir ini.

Jadi semua peserta yang telah lolos sampai pada tahap perangkingan ini dianggap sudah layak menjadi anggota Polri namun perlu diingat karena terbatasnya kuota menjadi anggota Polri maka untuk peserta yang berada di bawah  rangking atau tidak masuk rangking kuota maka dinyatakan lulus tidak terpilih. Jadi bilamana calon tidak masuk rangking itu bukan berarti calon itu jelek, jadi karena memang kuota saja yang mempengaruhi.

Para masayarakat diharapkan untuk tidak percaya lagi dengan calo-calo yang mengatasnamakan apapun yang bisa menjanjikan serta menjamin memasukkan polri jangan percaya lagi. karena semua tahapan masuk anggota polri adalan bersih dan transparan . Semua tahapan seleksi selalu diawasi oleh pengawas internak dan ekternal . Untuk itu diharapkan kepada calon peserta untuk percaya diri dengan kemampuan masing-masing, karena menjadi anggota polri tidak bisa secara instan, dan harus dipersiapkan secara matang. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

 

Komentar

News Feed