oleh

Hendak Memasang Atap, Seorang Tukang Bangunan Tewas Tersengat Listrik

-Giat Ops-14 views

Polres Pekalongan – Warga Dukuh Rowadi Desa Notogiwang Kecamatan paninggaran Kabupaten Pekalongan sore kemarin digemparkan dengan meninggalnya salah satu warganya yakni CS, 41 tahun seorang tukang bangunan akibat tersengat listrik bertegangan tinggi saat hendak memasang atap rumah milik warga setempat, Senin (14/7/2020) sekira pukul 15.30 WIB.

Menurut Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K., M.Si melalui Kasubbag Humas AKP Akrom membenarkan terkait kejadian tersebut.

Dikatakannya bahwa kejadian bermula saat Korban CS yang merupakan seorang tukang bangunan hendak memasang atap di rumah warga setempat. Saat itu Korban CS memegang reng yang terbuat dari baja ringan mengenai kabel listrik hingga Korban tersengat listrik dan terjatuh dilantai dari ketinggian 6 meter.

Saat bersamaan pemilik rumah juga terkena sengatan listrik saat mengerjakan atap yang berada disebelah nya namun beda ruangan yang berjarak 8 (delapan) meter. Saat melihat Korban terjatuh, Pemilik rumah dan rekan Korban berusaha menolong Korban dengan memanggil mobil Siaga Desa.

Dengan dibantu warga, Korban kemudian dibawa kepuskesmas Paninggaran namun dalam perjalanan Korban sudah meninggal dunia. Atas kejadian tersebut, kemudian Kepala Desa langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek Paninggaran.

Agar tidak terjadi kejadian yang sama dikemudian hari, Kasubbag Humas mengingatkan agar masyarakat bisa mengamankan instalasi listriknya bagi yang menggunakan atap baja ringan diantaranya dengan meletakkan instalasi listrik di tempat yang aman seperti ditempatkan atau ditempel pada dinding. Pilih pembungkus kabel dengan material terbaik yang membuatnya terhindar dari gigitan tikus. Sebab, kabel yang tergigit rentan menyetrum.

Selanjutnya bungkus semua kabel listrik dengan pipa conduit, hal tersebut bertujuan agar kabel listrik lebih tahan lama dan aman dari risiko tergores sehingga isi tembaga keluar dan rentan terjadi kebocoran instalasi. Dan yang terakhir, matikan aliran listrik saat melakukan perbaikan rumah dengan melepas sekering/MCB, ucap AKP Akrom. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed