oleh

Gelar Sosialisasi Saber Pungli, Kepala Desa dan Bendara Desa Jadi Peserta

-Sat Binmas-39 views

Polres Pekalongan – Satuan tugas Sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Pekalongan terus berikan penyuluhan kepada masyarakat untuk memberikan edukasi tentang pentingnya peran semua pihak dalam memberantas praktek pungli dan korupsi. Saat ini sosialisasi dan penyuluhan dilakukan yang pertama kalinya kepada para Kepala Desa dan Bendara Desa se Kabupaten Pekalongan yang diadakan di Aula Kecamatan Kajen, hari ini. Kamis (8/11/18).

Menurut Plt. Camat Kajen mengatakan penyuluhan dan sosialisasi penting dikedepan untuk mengedukasi masyarakat khususnya Para Kepala Desa dan Bendahara guna meminimalisir kemungkinan timbulnya penyelewengan Dana Desa.

“maka dari itu Kepala Desa selaku pelayan public  perlu diberi informasi yang utuh, tentang kegiatan atau jenis pungutan apa saja yang dapat di kategorikan sebagai pungli atau korupsi,”  untuk membentengi agar menghentikan segala bentuk pungutan illegal, ungkapnya.

Disamping itu menurut Ketua Tim Saber Pungli Kompol Mashudi, S.H sosialisasi dan penyuluhan juga bertujuan untuk menggugah kesadaran kolektif, agar masyarakat maupun aparatur Negara  menjadi melek terhadap hukum. Sehingga dengan ketidaktahuannya  tidak terus dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum sepertI  pungli dan korupsi.

Sebab menurutnya, selama ini seringkali terjadi mispersepsi mengenai pungutan liar (pungli) terutama berkaitan dengan layanan publik. Padahal biaya tersebut seharusnya tidak ada tetapi diada adakan.  maka perlu ada penyuluhan atau sosialisasi, sehingga secara preventif pungli dapat diminimalisir, ujarnya.(zamroni)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed