oleh

Gelapkan Uang Koperasi Dengan Modus Menggunakan Nama Pinjaman Fiktif, Pimpinan KSP Diciduk

Polres Pekalongan – Lantaran nekat mengelapkan uang, seorang Pimpinan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Cahaya Surya Cabang Pekalongan beralamat di Kedungwuni, kini harus berurusan dengan aparat penegak hukum. Adapun oknum pimpinan tersebut mengunakan modus pinjaman Fiktif hingga kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Atas perbuatanya, Mijo Budiono (32) Dukuh Krajan Desa Kedungdowo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. Alamat tinggal Jl. KH. Samanhudi Kelurahan Pelutan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang dikenakan Pasal 37 KUHP dan harus meringkuk dibalik jeruji besi.

Penggelapan terjadi pada Mei 2016 lalu berawal adanya kecurigaan pimpinan yang KSP Cahaya Surya pusat beralamat di Semarang karena banyak pinjaman namun angsuran banyak yang macet. Setelah ditelusuri, ternyata ditemui nama pinjaman fiktif hingga mengakibatkan kurugian pada pihak KSP mencapai Rp 100-an juta. Tenyata dari keterangan tersangka, sepeda motor CBR sebagai inventaris juga digadaikan oleh pelaku.

Mengatahui hal tersebut pihak KSP melaporkan ke Polsek Kedungwuni. Adapun dengan laporan itu anggota langsung memintai keterangan sejumlah saksi dan mengamankan barang bukti berupa 446 promise pinjaman dan buku register KSP Cahaya Surya.

Dari hasil pemeriksaan anggota Reskrim Polsek Kedungwuni langsung melakukan penyelidikan hingga akhirnya ditetakan jadi buronan. Kemudian anggota yang mengetahui keberadaan pelaku di rumah asalnya di Dukuh Krajan Desa Kedungdowo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus langsung berangkat menuju ke tempat keberadaan pelaku, yang kemudian Kamis, 28 September 2017 sekira pukul 00.30 Wib Pelaku berhasil diamankan di Dukuh Krajan Desa Kedungdowo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus.

Selanjutnya pelaku dilakukan interogasi di Polsek Kaliwungu dan pelaku mengakui perbuatannya selanjutnya Pelaku di bawa ke Poslek Kedungwuni guna proses penyidikan lebih lanjut.

Kapolsek Kedungwuni Polres Pekalongan AKP Kalunk Muktiana, S.Sos., M.M ketika dikonfirmasi membenarkan. Menurutnya tersangka kini masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Polsek Kedungwuni.

“Ya anggota Polsek Kedungwuni berhasil ungkap kasus dengan melakukan penangkapan terhadap pelaku tindak pidana penggelapan dalam jabatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 374 KUHP. Perbuatan pelaku terjadi pada sejak hari Senin tanggal 07 November 2016 sampai dengan hari Jumat tanggal 24 Maret 2017,” terangnya. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed