oleh

Face-to-face Massive Education, Cara Polsek Paninggaran Lakukan Penyadaran Kepada Warga Guna Cegah Penyebaran Pandemi COVID-19

Polres Pekalongan – Telah menjadi konsensus kita bersama bahwa pandemi COVID-19 telah berdampak pada seluruh sendi dan tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan baik individu maupun kelompok. Kebijakan yang bersifat taktis maupun strategis telah diambil oleh pemerintah demi mengatasi dan bahkan untuk menanggulangi pandemi ini dalam berbagai aspek serta lini, yaitu ekonomi, sosial, budaya, politik, pertahanan dan keamanan.

Seperti misal pada aspek ekonomi, dimana tren ekonomi baik makro maupun ekonomi mikro kerakyatan sampai dengan UMKM terjadi tekanan yang cukup signifikan, penetrasi tersebut akibat dampak pandemi COVID-19 seperti misal pendapatan masyarakat yang menurun termasuk daya beli masyarakat. Untuk mengatasi dampak tersebut, pemerintah telah mengambil banyak kebijakan melalui program stimulus untuk rakyat seperti BST/ bantuan sosial tunai untuk warga masyarakat dengan kriteria dan kategori tertentu, selanjutnya ada PKH/ program keluarga harapan untuk KPM/ keluarga penerima manfaat bahkan alokasi dana desa tahun 2020 ini dilakukan revisi alokasi guna meringankan masyarakat terdampak pandemi. Maksud dan tujuan program – program tersebut adalah agar dayavbeli masyarakat tetap terjaga, sehingga ketahanan ekonomi nasional tetap pada tren positif, didukung belanja kementrian dan non kementrian dapat berjalan maksimal.

Kunci mengatasi dampak pandemi tersebut akan berjalan maksimal apabila kita bersama berkomitmen dengan penuh kesadaran untuk berperan serta ikut mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan disiplin untuk selalu menjalankan pola hidup sehat. Bentuk komitmen tersebut juga telah dan masih dilaksanakan sampai dengan saat ini oleh seluruh pihak pengampu kepentingan, termasuk pada wilayah kecamatan paninggaran kabupaten pekalongan, dimana telah melaksanakan kegiatan edukasi secara masih kepada warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang dilaksanakan oleh Forkompimcam paninggaran diantaranya petugas dari Puskesmas Paninggaran, petugas trantib dari kantor kecamatan paninggaran dengan selalu didukung personil Koramil 13 Paninggaran serta personil Polsek Paninggaran juga melibatkan seluruh aparatur desa se kecamatan paninggaran.

Hari Rabu (28/10/2020) personil bhabinkamtibmas Polsek Paninggaran Bripka Dwi Atmojo dan Kanit Sabhara Bripka Sigit S, disela – sela kegiatan dinas patroli wilayah rutin tidak pula disampaikan dan dilaksanakan edukasi kepada warga di SPBU Paninggaran agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 khusunya di wilayah paninggaran.

Kapolsek Paninggaran Iptu Nurcholis menjelaskan, bahwa dengan peran serta, sumbangsih dan kesadaran masyarakat, maka penanggulangan serta pencegahan pandemi COVID-19 ini akan berhasil dan berdaya guna.

Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif demi tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit. S)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed