oleh

Empat Komplotan Pencuri Antar Daerah Diringkus, Spesialis Pembobol Rumah Kosong

Polres Pekalongan – Empat Komplotan pelaku Pencurian Pemberatan (Curat) asal Palembang berhasil diringkus oleh Tim Buser Satreskrim Polres Pekalongan bersama polsek jajaran. Para spesialis pembobol rumah kosong itu diringkus di Wiradesa, Selasa (9/1).

Penangkapan terhadap keempat tersangka bermula adanya pembobolan rumah milik Sudarsi (37) alamat Dukuh Krajan, Desa Kajongan, Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan pada Selasa 09 Januari 2018 diketahui sekira pukul 06.00 wib. Yakni pada saat korban berangkat ke sawah. Kemudian  Purnomo (42)  pukul 07.00 wib juga meninggalkan rumah untuk berangkat kerja dan sebelumnya mengunci semua pintu rumah.

Kemudian sekira 09.15 wib korban pulang dari sawah dan langsung  masuk rumah lewat pintu depan, selanjutnya masuk ke dalam rumah dan mendapati kamar dalam keadaan berantakan dengan pakaian dan barang barang berserakan. Adanya kejadian itu korban langsung mengecek seputaran rumah dan mendapati jendela samping dan jendela depan dalam keadaan rusak.

Korban langsung mencari Purnomo ditempat kerja untuk mengetahui siapa yang telah mengacak- acak seisi rumah. Karena tidak mengetahui akhirnya mereka kembali mengecek barang dirumah dan ternyata sejumlah uang tunai Rp.8.000.000, 1 (buah) kartu ATM BRI atas nama korban dan 2 kartu BPJS, KTP sudah tidak ada ditempat nya atau telah hilang.

Kemudian korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kajen guna penyelidikan lebih lanjut. Berdasar laporan tersebut, anggota langsung melakukan pemeriksaan sejumlah saksi dan mengumpulkan barang bukti.

Kasubbag Humas Polres Pekalongan AKP M Dahyar ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa adanya penangkapan komplotan Palembang. Menurutnya, atas laporan pencurian di Desa Kajongan, Kecamatan Kajen tersebut Tim Buser dan Unit Reskrim Polsek Kajen melakukan penyelidikan.

Kemudian berdasarkan informasi yang didapat pelaku dicurigai berada disekitar Wiradesa kemudian pada Selasa 09 Januari 2018 sekira pukul 16.00 wib Tim berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka saat melaju berboncengan menggunakan sepeda motor di perlintasan kereta api Desa Waru Kecamatan Wiradesa.

“Dari hasil pemeriksaan tersangka Redi Hidayat juga mengakui telah membobol di Bojong   bersama tersangka SF (21) kini jadi DPO dengan barang bukti betupa 2 buah dan anting dan jam tangan.

Dari LP/B/01/I/2018/JTG/RES PKL/SEK KJN tanggal 09 Januari 2018, akhirnya anggota melakukan pengembangan dan akhirnya berhasil mengamankan kembali tiga tersangka lainnya. Mereka Rinto (32) alamat Desa Air Bening Kecamatan Rawas ilir Kabupaten Musi Rawas Utara. Kemudian Obby Sanjaya (42) alamat Kampung Rambutan Jakarta Timur dan Belklinton (24)  alamat Dusun II Desa Pauh I Kecamatan Rawas ilir Kabupatem Rawas Musi Utara.

“Untuk barang bukti yang diamankan berupa Honda Supra 125 cc dengan, STNK , beserta  kunci. Honda Beat 110 cc, STNK, Uang tunai Rp.1.853.000 tas merk Lenovo warna hitam. Linggis Kecil, Obeng, tang, belati sepatu merk FILA warna merah, buah sepatu merk JIM JOOKER warna coklat,” imbuhnya.(Y.Er$hi/Yon)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed