oleh

Edarkan Dextro, Warga Babalan Lor Ditangkap

Humas Polres Pekalongan – Satuan Narkoba Polres Pekalongan mengamankan seorang pemuda yakni warga Desa Babalan Lor Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan Gunawan (21), yang diduga sebagai seorang pengedar pil terlarang jenis dextro.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan barang bukti berupa 90 paket obat dextro yang berisi masing-masing 9 (sembilan) butir per paket, uang tunai Rp 70.000, 5 buah plastik es warna transparan dan satu kantong plastik kresek warna hitam.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik Sat Reskoba Polres Pekalongan, pelaku mengaku, bahwa dirinya sebagai pengedar pil tersebut. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku akan dikenakan ancaman Pasal 197 sub Pasal 196 UU RI No 36 tahun 2009, tentang kesehatan dengan ancaman hukuman paling lama 10 tahun penjara dan denda maksimal satu miliar rupiah.

Kasubag Humas Polres Pekalongan AKP M Dahyar mengatakan, penangkapan pelaku bermula pada Kamis (21/9) sekitar pukul 22.00, petugas mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada seseorang yang sering mengedarkan obat-obatan terlarang di wilayah Desa Bojong Lor Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Dari informasi tersebut, petugas kemudian melakukan penyelidikan.

“Setelah beberapa saat melakukan penyelidikan petugas menemukan sejumlah pemuda sedang duduk-duduk di tepi jalan Desa Bojong Lor dan mendekatinya untuk meminta mengeluarkan identitas serta barang-barang yang dibawa di dalam saku celana,” katanya.

Dari pemeriksaan itu, anggota kemudian mendapati salah seorang pemuda yakni M Satria (23) yang mengatakan bahwa dirinya akan membeli obat dextro kepada Gunawan. Tanpa berpikir panjang, polisi langsung melakukan penggeledahan ke rumah dan ditemukan barang bukti serta pelaku.

“Kami menghimbau kepada masyarakat wilayah Kabupaten Pekalongan untuk tidak terlibat dengan Narkoba, selain merugikan diri sendiri juga merugikan orang lain. Apabila ada warga masyarakat yang menemukan seseorang atau sekelompok orang memakai narkoba untuk segera dilaporkan ke pihak Sat Resnarkoba Polres Pekalongan,” imbaunya.

Terpisah Kasat Narkoba Polres Pekalongan AKP Joni Minarko mengatakan, pihaknya akan melakukan proses penyelidikan lebih lanjut. “Kami sudah mengamankan pelaku dan barang bukti, serta mencatat identitas saksi. Kami tidak akan segan-segan memberikan sanksi sesuai pelanggaran yang dilakukan pelaku,” terangnya. (Y.Er$hi/SM)

Editor : Humas Polres Pekalongan

 

Komentar

News Feed