oleh

Diguyur Hujan Satu Malam, Bhabinkamtibmas Cek Titik Daerah Rawan Banjir

Polres Pekalongan – Bhabinkamtibmas Aiptu Agus S dan Bripka Subekhi Maulana melakukan pengecekan langsung situasi dan kondisi wilayahnya, jalan lintas dukuh desa depok Kecamatan Siwalan, Selasa (19/01/2021).

Antisipasi ini dilakukan semalam hujan turun sangat lebat dan terdapat beberapa desa yang mengalami halangan air akibat luapan air rob.

Dalam pengecekan lokasi rawan banjir, Kapolsek Sragi AKP Aris Suharsono, S.H memerintahkan kepada anggota dan Bhabinkamtibmasnya yang melaksanakan sambamg di desa binaannya agar selalu memantau daerah rawan banjir.

Pengecekan itu juga memperhatikan debit air sungai apakah masih normal atau meningkat, diharapkan kepada warga diminta tidak membuang sampah ke sungai atau selokan untuk mencegah terjadinya penyubatan oleh sampah baik sungai maupun selokan.

Polsek Sragi akan selalu memantau dan waspada jika ada hujan dengan intensitas deras dan lama. Sebab sudah ada desa yang terendam banjir diantaranya Kec. Sragi Desa Sijeruk (Dukuh Sigerung 12 rumah, Dukuh Krandon 10 rumah dengan ketinggian air sekitar 50 cm), Desa Gebangkerep (Dukuh Banjardowo tengah 30 rumah terendam dengan ketinggian antara 10 – 40 cm), Desa Sumublor (Dukuh Sumub sekitar 10 rumah dengan ketinggian sekitar 10 cm), Desa Purwodadi (Dukuh Buangan dan Bulaktunggak seban sekitar 20 rumah dengan ketinggian sekitar 10 – 20 cm) dan Kel. Sragi (Dukuh Gembyang 15 rumah ketinggian sekitar 10 – 30 cm).

Sementara itu untuk Kec. Siwalan meliputi Desa Tengengwetan 8 pedukuhan (Dukuh Tengeng, silumbu, kendayakan, buntu, gandu lor, gandu kidul, gandu gempol, dan cangkring 565 rumah dengan ketinggian air rata-rata antara 50-80 cm), Desa Mejasem (Dukuh Mejasem Kidul 30 rumah), Desa.pait (lokasi banjir dukuh Tugurejo dengan ketinggian air di jalan 20-40cm dan di rumah 10 cm).

“Namun Saat ini Belum ada warga yang mengungsi masih bertahan di rumah masing – masing, sementara hujan masih berlangsung,” ujar Kapolsek.

Sementara itu akibat banjir tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian materiil mengakibatkan akses jalan aspal yang tergenang air rata rata menglami kerusakan dan tanggul sungai kali Sragi lama di desa Tengengwetan rusak. (hms sragi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed