oleh

Desa Gutomo Melaksanakan Sosialisasi Pilkades, dihadiri Forkompincam

Polres Pekalongan – Forkompincam (Forum Komukinasi Pimpinan Kecamatan) Karanganyar meliputi Camat Karanganyar Drs. Ilyas Setiyono, Kapolsek Karanganyar AKP Akhmad Taukhid, S. H dan Danramil Karanganyar Kapten Sidi, serta Babinkamtibmas Brigadir Indra Amaludin menghadiri sosialisasi Pilkades Desa Gutomo hadir pula Kepala Desa Gutomo Gatot Surendro, Ketua BPD sdr. Fahrudin Selasa tanggal 6 Agustus 2019 pukul 14.00 wib.

Ketua P2KD Desa Gutomo Yakup dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada Forkompincam Karanganyar serta tamu undangan yang hadir

“Apabila ada kinerja dari P2KD yang kurang pas atau tidak sesuai aturan kami mengharap untuk diklarifikasi langsung ke P2KD sehingga tidak timbul brita Hoax, berrkaitan dg Pilkades agar warga desa Gutomo berhak mencalonkan dan dicalonkan menjadi Kades dengan ketentuan memenuhi syarat,” ujarnya.

Kepala Desa Gutomo  juga menyampaikan ucapan terimakasih atas pelaksanaan sosialisasi sehingga warga masyarakat Gutomo yang belum mengerti menjadi mengerti dan bisa ditanyakan langsung ke narasumber dan semoga pelaksanaan Pilkades Desa Gutomo berjalan aman lancar. “Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, jangan ada permusuhan diantara kita, siapapun nanti yang terpilih itu yang terbaik dan pemimpin kita,” Kata Kepala Desa.

Camat Karanganyar dalam sambutanya mengatakan sesuai dengan Perbup No 28 tahun 2019 perubahan atas Perbup No 29 Tahun 2015 tentang tat cara pencalonan Kades, apabila terjadi hasil imbang dalam pelaksanaan Pilkades maka akan dilihat dari penyebaran dari persebaran per wilayah sehingga tidak ada pilkades ulang. Ilyas juga menuturkan bahwa Perbup No 31 Tahun 2015 tentang tata cara kampanye dalam hal ini dijabarkan dalam pasal 29 calon kades dilarang membentuk posko pemenangan dimasing2 pedukuhan, Pasal 35 calon kades atau tim dilarang menjanjikan, memberikan uang untuk mempengaruhi pemilih dan apabila terbukti melanggar aturan tersebut maka akan diberi sangsi berupa diskualifikasi, kemudian dijelaskan dalam pasal 31 tentang mekanisme pengaduan antara lain harus tercantum identitas lengkap pelapor, terlapor, saksi, tempat, uraian dan dilaporkan sebelum 1×24 jam.

Sementara itu, Kapolsek Karanganyar dalam tahapan Pilkades Polri mengutamakan dari segi keamanan yaitu yang berkaitann dengan Perbub No.31 Tahun 2015 tentang tata cara kampanye, dalam hal ini Polri sesuai pasal 13 UU No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Menegakan Hukum serta melayani/ melindungi dan mengayomi  masyarakat, kemudian dalam pelaksanaan Pilkades apabila terbukti melakukam politik uang / suap  maka akan ditindak sesuai hukum yg berlaku. (alex)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed