oleh

Demografi Wilayah dan Ketahanan Pangan Dimasa Pandemi COVID-19

Polres Pekalongan – Demografi wilayah merupakan gambaran menyeluruh suatu wilayah, baik dipandang dari letak geografis, jumlah penduduk dan berbagai aspek komponen lain seperti bidang ekonomi, bidang sosial budaya kemasyarakatan serta bidang keamanan.

Wilayah Kabupaten Pekalongan yang terletak di provinsi Jawa Tengah adalah salah satu wilayah yang terdampak pandemi COVID-19. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah selama ini telah berupaya dengan melakukan berbagai terobosan serta akselerasi, baik dengan mengeluarkan program dan kebijakan guna mencegah serta menanggulangi pandemi tersebut, seperti upaya masif pada kegiatan sosialisasi dan edukasi terkait protokol kesehatan bahkan sampai kepada upaya pendisiplinan dan penegakan hukum bagi pelanggar protokol kesehatan, dengan melaksanakan kegiatan operasi yustisi yang dilakukan oleh pihak – pihak pengampu kepentingan bersama – sama dengan TNI/ Polri di seluruh wilayah Kabupaten Pekalongan.

Pemerintah pusat dan daerah juga telah mengeluarkan program yang masih berjalan sampai dengan saat ini seperti, program ketahanan ekonomi kerakyatan salah satunya yaitu program BST/ Bantuan Sosial Tunai, Bantuan Kebutuhan Pokok untuk warga masyarakat yang berhak, program stimulus finansial bagi debitur terdapak covid 19, program bantuan modal untuk UMKM, program padat karya berupa program alokasi Dana Desa dsb.

Program – program pemerintah tersebut dimaksudkan agar ekonomi nasional tetap pada tren positif, sebagai indikator penyerapan belanja kementrian terkait pengampu program kebijakan dapat maksimal sampai pada akhir tahun, daya beli masyarakat tetap terjaga guna pemenuhan kebutuhan hidup sehari – hari, ketersediaan lapangan kerja dan ekonomi produktif tetap berjalan sehingga masyarakat tetap mendapat penghasilan yang berkelanjutan.

Disisi lain, ketahanan pangan secara nasional dan daerah menjadi skala prioritas di masa pandemi ini, masyarakat diharapkan mampu dan berusaha ikut berperan aktif pada sektor tersebut, inovasi dan gagasan kreatif sangat diperlukan, masyarakat berdikari guna pemenuhan kebutuhan pangan sehari – hari, sebagaimana yang dilakukan oleh warga masyarakat Kecamatan Paninggaran, Kab. Pekalongan. Pada Rabu (30/09/2020) pukul 10.00 wib personil bhabin kamtibmas Polsek Paninggaran Brigpol Pungkas melaksanakan kegiatan sambang desa serta monitoring program ketahanan pangan di wilayah desa binaan, dalam kegiatan tersebut Brigpol Pungkas selain memberikan pesan – pesan kamtibmas kepada warga, juga ikut memberikan himbauan terkait ketahanan pangan kepada warga yang sedang menjalankan bidang usaha UMKM pembudidayaan ikan untuk kebutuhan konsumsi masyarakat seperti ikan nila, ikan bawal dan sebagainya di kolam milik warga. Kegiatan usaha tersebut adalah salah satu contoh kongkrit bahwa masyarakat khususnya Kecamatan Paninggaran Kab. Pekalongan ikut berperan serta dalam penyediaan bahan pangan untuk pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat, selain itu usaha tersebut memiliki kemanfaatan nilai ekonomis dibidang usaha mandiri bagi pemilik, dengan harapan seluruh lapisan masyarakat ikut andil dalam ketahanan ekonomi nasional dimasa pandemi COVID-19.

Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif demi tercapainya Indonesia Maju. (Humas SekPng_sigit. S)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed