oleh

Ciptakan Kondusifitas Keamanan, Polres Pekalongan Gelar Apel Kaposkamling

-Giat Ops-248 views

Polres Pekalongan – Perkembangan situasi saat ini bisa berpotensi dapat menimbulkan kerawanan kamtibmas, oleh karena itu Polri memerlukan dukungan dan peran serta dari masyarakat, salah satunya dalam bentuk pengamanan swakarsa.

Salah satu bentuk pam swakarsa adalah adanya pos kamling yang dilaksanakan di setiap RT, RW, atau lingkungan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka  mendukung upaya pemeliharaan kamtibmas seperti pengamanan lingkungan melalui kegiatan patroli ronda dan membantu warga yang membutuhkan pertolongan.

Maka dari itu, untuk menciptakan kodusifitas kamtibmas, Kepolisian Resor Pekalongan melaksanakan apel Kaposkamling jajaran, Kamis (07/02) pagi tadi. Kegiatan yang berlangsung di halaman Mapolres tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si.

Kapolres dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kemajuan teknologi dan kemudahan distribusi informasi sebagai ciri dari globalisasi, merupakan potensi besar bagi Bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, disisi lain, fenomena ini justru melahirkan berbagai potensi gangguan keamanan.

AKBP Wawan menambahkan tahun ini, Bangsa Indonesia tengah menyambut agenda Pemilu 2019 sebagai wujud dari pesta demokrasi. Agenda tersebut memiliki karakteristik kerawanan yang harus diantisipasi baik dalam tahap kampanye, pemungutan, penghitungan, maupun rekapitulasi suara diantaranya pemanfaatan isu sara dan politik identitas, serta penyebaran HOAX dan HATESPEECH yang menimbulkan konflik sosial.

“Dalam menghadapi kompleksitas tantangan tersebut, Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh elemen masyarakat termasuk petugas kamling,” ujarnya.

Kapolres berharap kehadiran pam swakarsa di tengah masyarakat mampu memberikan manfaat nyata, dalam mendukung upaya Polri menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Selain itu juga menjaga silaturahmi dan memperkuat paseduluran, sehingga tercipta masyarakat yang guyub, rukun dan kompak.

“Langkah Kepolisian yang tepat, baik bersifat Preemtif, Preventif dan penegakan hukum harus dirancang dengan baik dan diimplementasikan dengan sungguh-sungguh,” tegas AKBP Wawan. (ozy)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed